Home Teknologi Asteroid 2001 FO32, Si Inti Komet Menyapa Bumi 21 Maret 2021

Asteroid 2001 FO32, Si Inti Komet Menyapa Bumi 21 Maret 2021

Pasadena CA, Gatra.com- Asteroid terbesar yang melewati planet kita pada tahun 2021 berada paling dekat pada 21 Maret 2021. Ini memberikan kesempatan langka bagi para astronom untuk melihat 'tamu agung' itu menghias mangkuk angkasa di langit fajar Tata Surya kita. Spacedaily, 12/03.

Dibaptis dengan nama 2001 FO32, asteroid dekat Bumi itu akan mendekat terintim pada jarak 1,25 juta mil (2 juta kilometer) -atau 5 1/4 kali jarak dari Bumi ke Bulan. Tidak ada ancaman tabrakan dengan planet kita sekarang atau selama berabad-abad yang akan datang.

"Kami mengetahui jalur orbit 2001 FO32 mengelilingi Matahari dengan sangat akurat, sejak ditemukan 20 tahun lalu dan telah dilacak sejak saat itu," kata Paul Chodas, direktur Pusat Studi Objek Dekat Bumi (CNEOS), yang mengelola. oleh Laboratorium Propulsi Jet NASA di California Selatan.

"Tidak ada kemungkinan asteroid akan lebih dekat ke Bumi kurang dari 1,25 juta mil," katanya. Meski begitu, jarak itu dekat dalam istilah astronomi, itulah sebabnya 2001 FO32 telah ditetapkan sebagai "asteroid yang berpotensi berbahaya."

CNEOS menghitung orbit presisi tinggi untuk objek dekat Bumi (NEO) untuk mendukung Kantor Koordinasi Pertahanan Planet NASA. Mereka mengandalkan teleskop dan radar berbasis darat untuk membantu secara tepat mengkarakterisasi setiap orbit Objek Dekat Bumi (NEO) untuk meningkatkan penilaian bahaya jangka panjang.

Selama pendekatan ini, 2001 FO32 akan lewat dengan kecepatan sekitar 77.000 mph (124.000 km per jam) - lebih cepat dari laju  sebagian besar asteroid yang bertemu Bumi.

Alasan asteroid mendekat dengan sangat cepat adalah orbitnya yang sangat miring dan memanjang (atau eksentrik) mengelilingi Matahari, orbit yang miring 39 derajat ke bidang orbit Bumi. Orbit ini membawa asteroid lebih dekat ke Matahari daripada Merkurius dan dua kali lebih jauh dari Matahari ke Mars.

Saat 2001 FO32 melakukan perjalanan Tata Surya bagian dalam, asteroid menambah kecepatan seperti pemain skateboard yang meluncur di halfpipe, dan kemudian melambat setelah terlempar kembali ke luar angkasa dan berayun kembali ke arah Matahari. Ia menyelesaikan satu orbit setiap 810 hari (sekitar 2 1/4 tahun).

Setelah kunjungan singkatnya, 2001 FO32 akan melanjutkan perjalanannya yang sepi, tidak akan sedekat ini lagi dengan Bumi hingga tahun 2052, ketika ia akan melintas pada jarak sekitar tujuh bulan, atau 1,75 juta mil (2,8 juta kilometer).

Asteroid 2001 FO32 ditemukan pada Maret 2001 oleh program Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR) di Socorro, New Mexico, dan telah diperkirakan, berdasarkan pengukuran optik, lebarnya diperkirakan sekitar 3.000 kaki (1 kilometer).

Dalam pengamatan lanjutan yang lebih baru oleh NEOWISE, 2001 FO32 tampak samar ketika diamati dalam panjang gelombang inframerah, yang menunjukkan bahwa objek tersebut kemungkinan berdiameter kurang dari 1 kilometer. Analisis oleh tim NEOWISE menunjukkan bahwa lebarnya antara 1.300 hingga 2.230 kaki (440 hingga 680 meter).

Sekalipun berada di ujung skala yang lebih kecil, 2001 FO32 masih akan menjadi asteroid teragung yang melewati sedekat ini dengan planet kita pada tahun 2021. Pendekatan penutupan asteroid yang sangat besar terakhir adalah pada 1998 OR2 pada 29 April 2020. Sementara 2001 FO32 agak lebih kecil dari 1998 OR2, itu akan menjadi tiga kali lebih dekat ke Bumi.

Pertemuan 21 Maret akan memberikan kesempatan bagi para astronom untuk mendapatkan pemahaman yang lebih tepat tentang ukuran asteroid dan albedo (yaitu seberapa terang, atau reflektif, permukaannya), dan gambaran kasar tentang komposisinya.

Ini akan tercapai, sebagian, dengan penggunaan Fasilitas Teleskop Inframerah (IRTF) NASA, teleskop 3,2 meter (10,5 kaki) di atas Mauna Kea Hawaii yang akan mengamati asteroid pada hari-hari menjelang pendekatan menggunakan perangkat kerasnya spektrograf inframerah, SpeX.

"Kami mencoba melakukan pengamatan geologi dengan teleskop," kata Wisnu Reddy, profesor di Lunar and Planetary Laboratory Universitas Arizona di Tucson.

Ketika sinar matahari menghantam permukaan asteroid, mineral di batuan menyerap beberapa panjang gelombang sambil memantulkan yang lain. Dengan mempelajari spektrum cahaya yang dipantulkan dari permukaan, astronom dapat mengukur "sidik jari" kimiawi mineral di permukaan asteroid.

"Kami akan menggunakan IRTF untuk mendapatkan spektrum inframerah untuk melihat susunan kimianya," jelas Reddy. "Setelah kami mengetahuinya, kami dapat membuat perbandingan dengan meteorit di Bumi untuk mengetahui mineral apa yang terkandung dalam 2001 FO32."

Misalnya, jika 2001 FO32 diidentifikasi sebagai kaya besi, itu berarti ia lebih padat dan karena itu lebih masif daripada asteroid berbatu dengan ukuran yang sama.Pengamatan yang menunjukkan permukaan dengan albedo rendah (artinya gelap) mungkin menunjukkan asteroid mengandung banyak karbon, menunjukkan itu bisa jadi inti dari komet yang sudah lama mati.

Pengamatan radar oleh Deep Space Network (DSN) dapat dilakukan untuk mendapatkan gambaran rinci tentang asteroid. Operasi program Komunikasi dan Navigasi Antariksa NASA (SCaN), DSN terdiri dari tiga stasiun bumi - satu di California (Goldstone), satu di Spanyol (Madrid), dan satu di Australia (Canberra).

Antena piringannya dapat digunakan untuk memantulkan sinyal radio dari 2001 FO32 sehingga antena radio lain dapat menerimanya. Pengamatan radar semacam itu dapat menawarkan wawasan tambahan tentang orbit asteroid, memberikan perkiraan yang lebih baik tentang dimensi dan tingkat rotasinya, dan membantu melihat sekilas fitur permukaan (seperti batu besar atau kawah). Mereka bahkan bisa mengungkap satelit kecil yang mungkin ada di belakangnya.

"Pengamatan sejak 20 tahun lalu mengungkapkan bahwa sekitar 15% asteroid dekat Bumi yang ukurannya sebanding dengan FO32 2001 memiliki bulan kecil," kata Lance Benner, ilmuwan utama di JPL. "Saat ini hanya sedikit yang diketahui tentang objek ini, jadi jarak yang sangat dekat memberikan kesempatan luar biasa untuk mempelajari banyak hal tentang asteroid ini."

Lebih dari 95% asteroid dekat Bumi berukuran 2001 FO32 atau lebih besar telah ditemukan, dilacak, dan di katalog. Tak satu pun dari asteroid besar dalam katalog yang memiliki peluang untuk menabrak Bumi selama abad berikutnya, dan sangat tidak mungkin asteroid yang belum ditemukan dengan ukuran ini dapat berdampak pada Bumi.

Namun, upaya terus dilakukan untuk menemukan semua asteroid yang dapat menimbulkan bahaya benturan. Semakin banyak informasi yang dapat dikumpulkan tentang benda-benda ini, para perancang misi yang lebih baik dapat bersiap untuk membelokkannya jika ada yang mengancam Bumi di masa depan.

Sementara itu, astronom amatir dapat mengumpulkan informasi mereka sendiri tentang 2001 FO32. "Asteroid akan menjadi paling terang saat bergerak melintas langit selatan," kata Chodas dari JPL.

"Astronom amatir di belahan bumi selatan dan di garis lintang utara yang rendah harus dapat melihat asteroid ini menggunakan teleskop ukuran sedang dengan lubang setidaknya 8 inci pada malam hari menjelang pendekatan terdekat, tetapi mereka mungkin membutuhkan peta bintang untuk menemukannya," tambahnya.

878