Home Info Satgas Covid-19 Tiap Rumah Sediakan Tempat Cuci Tangan, Desa Ini Bebas Covid

Tiap Rumah Sediakan Tempat Cuci Tangan, Desa Ini Bebas Covid

Slawi, Gatra.com - Sulaiman (31) membuat tempat cuci tangan menggunakan bambu dan sejumlah barang bekas sehingga terlihat unik. Sulaiman membutuhkan waktu tiga hari untuk membuat tempat cuci tangan tersebut. Dengan tampilan yang menarik, keberadaannya membuat orang mau untuk mencuci tangan

"Modal bikin tempat cuci tangan Rp50 ribu saja. Pakainya barang bekas seperti corong, bambu, dan ember bekas. Yang beli cuma semen saja," ujar Sulaiman, Sabtu (13/3).

Sulaiman tidak sendiri. Tapi setiap rumah warga desa Desa Mindaka, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Secara swadaya warga desa menyiapkan  menyediakan tempat cuci tangan menggunakan air dan sabun di depan rumahnya masing-masing berikut imbauan protokol kesehatan. 

"Tempat cuci tangan memang setiap rumah harus punya. Kalau ada tamu yang datang diminta pakai masker lalu disuruh cuci tangan dulu sebelum masuk ke rumah. Sudah pada tahu jadi tidak tersinggung kalau disuruh cuci tangan atau pakai masker," ujar Muslihatun (35) juga warga desa Mindaka kepada Gatra, Sabtu (13/3).

Selain secara swadaya menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah masing-masing, Muslihatun menyebut warga juga mematuhi imbauan pemerintah untuk memakai masker ketika keluar rumah.

Kesadaran dan peran aktif warga tersebut sangat membantu upaya pemerintah desa dalam menekan jumlah kasus Covid-19. Dari awalnya ada 27 kasus positif Covid-19, Desa Mindaka kini sudah nol kasus.

Camat Tarub Sumiyati mengatakan, Desa Mindaka bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya sehingga Kecamatan Tarub yang masih berstatus zona kuning bisa menjadi zona hijau.

"Ini bisa menjadi contoh bagi desa lainnya bahwa masyarakat pun bisa diajak untuk terlibat aktif dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Tingkat kepatuhan dan partisipasi masyarakat sangat tinggi sehingga ketika ada penerapan PPKM berjalan dengan baik dan hasilnya luar biasa," katanya.

Desa Mindaka dipilih Polres Tegal menjadi Kampung Siaga Candi yang mewakili Kabupaten Tegal di tingkat Polda Jawa Tengah.

"Desa Mindaka ini menjadi terbaik pertama tingkat Polres. Kemarin sudah ditinjau langsung tim dari Polda Jateng, mudah-mudahan di tingkat Polda pun hasilnya tidak mengecewakan," harap Sumiyati.