Home Info Satgas Covid-19 Ratusan Pedagang Pasar Legi Parakan Divaksin Covid-19

Ratusan Pedagang Pasar Legi Parakan Divaksin Covid-19

Temanggung, Gatra.com- Sesuai rencana awal pemerintah tahapan warga yang akan mendapat vaksinasi Covid-19 terus dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Setelah ASN kini ratusan pedagang Pasar Legi Parakan pun mulai menjalani vaksinasi. Para pedagang pun mengikuti dengan antusiasme tinggi dengan mengantre di depan Kantor UPT Pasar Legi Parakan dengan tertib, Rabu (17/3).

Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Temanggung Adi Nurtantio, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pasar Parakan berlangsung dari tanggal 17 hingga 19 Maret 2021.

Vaksinasi terhadap para pedagang ini karena mereka termasuk golongan yang rawan dimana setiap hari berinteraksi dengan banyak orang sehingga termasuk menjadi prioritas.

"Pelaksanaan vaksinasi di Pasar Parakan berlangsung selama tiga hari dengan sasaran sebanyak 663 pedagang. Adapun untuk jumlah pedagang di Pasar Legi Parakan ini ada sebanyak 2.338 orang. Tapi memang pelaksanaan vaksinasi ini bertahap dan menunggu jadwal dari Dinas Kesehatan. Kira-kira setelah ini pelaksanaannya kapan lagi termasuk pasar yang lain kapan dilakukan belum ada jadwal," katanya.

Adi menyebut, sasaran semua pedagang, khususnya di pasar daerah itu sebanyak 9.281 pedagang, namun yang baru didaftarkan untuk divaksin sebanyak 3.286 pedagang. Selain Pasar Legi Parakan, ada Pasar Ngadirejo, Pasar Temanggung, Pasar Kranggan, Pasar Pingit, dan Pasar Candiroto.

Ditanya mengenai pelaksanaan vaksinasi lokasi pasar lain Adi menjawab, pedagang Pasar Temanggung nantinya direncanakan berlangsung di Kantor Camat Temanggung, kemudian pedagang Pasar Kranggan, Pasar Pingit, Pasar Ngadirejo, dan Pasar Candiroto akan berlangsung di puskesmas setempat.

Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq mengatakan, bahwa masyarakatnya saat ini antusias untuk mengikuti vaksinasi. Kendati pada masa awal vaksin ada yang merasa takut atau ragu kini justru sebaliknya warga minta divaksin Covid-19 dan hal itu menurutnya merupakan hal positif.

"Sekarang ini kecenderungannya masyarakat justru minta cepat divaksin. Jadi masyarakat Temanggung itu antusias. Semoga dengan adanya vaksinasi ini pandemi Covid-19 bisa segera usai, segera sirna dari bumi kita," katanya.