Home Milenial Menantu Jokowi Berniat Kembangkan Keberagaman Budaya Medan

Menantu Jokowi Berniat Kembangkan Keberagaman Budaya Medan

Medan, Gatra.com- Menantu Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), yakni Muhammad Bobby Afif Nasution berniat akan mengembangkan seluruh tradisi budaya masyarakat Medan secara keseluruhan. Keberagaman Etnis di ibu kota Sumatera Utara (Sumut) tersebut dinilai Bobby sebagai kekayaan daerah yang harus dilestarikan menjadi budaya Medan.

Hal itu diungkapkan wali kota Medan itu dalam sambutannya saat acara soft launching penerapan parkir non tuani di Kesawan City Walk (KCW), Medan, Minggu (28/3). Bobby mengatakan bahwa saat dia datang ke acara soft launching tersebut dia disambut dengan gondang sambilan. Satu tradisi dari kawasan Mandailing.

Penyambutan itu menurut Bobby sebagai bukti bahwa Medan memiliki beragam etnis yang hidup damai dan berdampingan. Sehingga keseluruhan tradisi etnis tersebut harus dikembangkan dan ditonjolkan secara bersama-sama.

"Saya datang disambut dengan gondang sambilan, beberapa tahun kebelakang ada acara di Medan menggunakan adat Melayu. Ini membuktikan etnis yang ada di kota Medan beragam. Saya inginkan semuanya ditampilkan. Keseluruhannya ditampilkan. Etnis Medan adalah etnis keseluruhan yang hidup damai," jelasnya.

Suami dari Kahiyang Ayu tersebut mengatakan bahwa kebersamaan dalam keberagaman etnis tersebut menjadi simbol kerukunan di Medan. Karena itu seluruh tradisi harus dilindungi. Medan banyak etnis, kami akan menjaganya menjadi salah satu kekuatan, ungkapnya.

Contoh nyata dari kerukunan tersebut menurut Bobby adalah Tjong A Fie, tokoh masyarakat Medan non muslim yang membangun masjid dan sejumlah rumah ibadah. Tentu keberadaan Tjong A Fie menjadi salah satu contoh dari kerukunan dan kebersamaan yang harus diikuti jejaknya dan diteruskan.

"Saya tadi sholat di Masjid Bengkok, masjid yang dibangun Tjong A Fie. Beliau bukan muslim tapi mendirikan masjid. Ini salah satu warisan yang harus dilindungi. Medan banyak etnis, kami akan menjaga menjadikannya sebagai salah satu kekuatan," ungkapnya.

232