Home Gaya Hidup Mulai Besok, Arek Suroboyo Boleh Nonton di Bioskop

Mulai Besok, Arek Suroboyo Boleh Nonton di Bioskop

Surabaya, Gatra.com - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah mengesahkan peraturan wali kota (Perwali) terkait pembukaan rumah hiburan umum (RHU). Salah satu isinya, mulai Rabu (30/3) semua bioskop sudah boleh buka selama pandemi Covid-19.

"Perwali, wis mari tak teken (Perwali RHU sudah saya tandatangani). Jadi, sudah bisa nonton di bioskop. Dan kalau sudah ditandatangani ya berlakunya mulai besok," kata Eri kepada wartawan, Selasa (30/3).

Setelah pengesahan perwali tersebut, Eri berjanji akan mengeluarkan UU terlait pembukaan bioskop dan RHU lainnya. Tentunya, pembukaan semua bioskop nanti akan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

Antara lain, dengan membatasi jumlah penonton hanya 50 persen dari kapasitas total per studio dan memberi celah satu kursi kosong diantara tiap penonton. Pengelola bioskop juga perlu memperhatikan sirkulasi udara di tiap ruang studio

"Segera kami undangkan. Supaya masyarakat bisa menonton di bioskop. Tapi tetap mematuhi protokol kesehatan dengan diberi jarak (antar kursi penonton)," terang Eri.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak pengelola bioskop juga mewajibkan semua penonton mengenakan masker. Kemudian, bioskop tidak lagi menjual makanan serta minuman di dalam studio.

Akan ada petugas satgas Covid-19 akan terus memantau operasional bioskop dan RHU lain. Apabila ada pengelola RHU yang kedapatan melanggar protokol kesehatan maka akan dikenai sanksi.

104