Home Olahraga Rilis Logo, Indonesia Siap Gelar Turnamen FIBA ASIA 2021

Rilis Logo, Indonesia Siap Gelar Turnamen FIBA ASIA 2021

Jakarta, Gatra.com- Setelah setahun belakangan ini diterpa pandemi Covid-19, Indonesia akan menggelar perhelatan olahraga internasional pertamanya di level Asia, yakni turnamen bola basket Asia, FIBA ASIA 2021. Kejuaraan ini direncanakan berlangsung di Istora, Senayan, Jakarta, pada 17-29 Agustus 2021 mendatang.

Pada Selasa (13/04) Indonesia resmi meluncurkan logo FIBA Asia 2021. Peluncuran tersebut dihelat di ruang press conference, Stadion Gelora Bung Karno, Senayan secara virtual.

Dalam acara tersebut tururt hadir Sesmenpora Gatot Dewa Broto, Direktur Eksekutif FIBA Asia Hagop Khajirian, Ketua Panitia Pelaksana Jakarta FIBA Asia Cup 2021 Junas Miradiarsyah, dan Francis Wanandi yang mewakili PB Perbasi.

“Saya antusias menyambut peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021. Sebuah logo yang membawa identitas Indonesia yang kental," ungkap Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto dalam konferensi pers virtual usai acara peluncuran logo.

"Saya sangat yakin logo FIBA Asia Cup 2021 akan menginspirasi seluruh generasi muda, penggemar bola basket di Indonesia dan seluruh Asia untuk dukung acara yang luar biasa ini." tambah Gato S Dewa Broto.

Selain itu, Direktur Eksekutif FIBA Asia, Hagop Khajirian memaknai peluncuran ini sebagai tonggak penting bagi Indonesia. Terlebih logo itu menampilkan piala yang dikelilingi desain yang memadukan corak batik dan referensi Elang Jawa.

“Peluncuran logo ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan menuju Piala Asia FIBA 2021. Ikon visual ini memadukan atribut unik Piala Asia FIBA dan Indonesia sebagai negara tuan rumah," ujar Hagop Khajirian.

Sebagai informasi, pada tahun 1993, Jakarta pernah ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Basketball Confideration Championship. Sekarang selepas 28 tahun, kesempatan untuk mengangkat nama Indonesia di kancah bola basket internasional kembali datang.

"Ini kejuaraan internasional bagi Indonesia pertama di tahun ini di tengah pandemi. Ini sebuah tantangan, sekaligus peluang bagi kami untuk menggelar FIBA Asia Cup 2021 dengan sukses dan memenuhi harapan dari negara-negara anggota FIBA Asia," jelas Junas Miradiarsyah sebagai Ketua Panitia Pelaksana Jakarta FIBA Asia Cup 2021.

195