Home Gaya Hidup Percepatan Pembangunan Pariwisata Wako Temui Kemenparekraf

Percepatan Pembangunan Pariwisata Wako Temui Kemenparekraf

Solok,Gatra.com - Dalam upaya pengembangan wisata Kota Solok yang sangat memerlukan sentuhan Pemerintah Pusat terutama dalam hal keterbatasan anggaran yang dirasakan daerah. Wali Kota Solok Zul Elfian Umar bersama beberapa Kepala Daerah di Sumatera Barat ikuti beberapa rangkaian kegiatan pertemuan dengan Kementerian yang difasilitasi oleh Anggota Komisi VI DPR-RI Andre Rosiade.

Pertemuan pertama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Balairung Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (13/4). Pertemuan dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata dengan GERCEP (Gerak Cepat), GEBER (Gerak Bersama) dan GASPOL (Garap semua Potensi Unggulan) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pertemuan ini, Wali Kota Solok Zul Elfian juga memanfaatkan kesempatan tatap muka dengan Menpar tersebut untuk menyampaikan rencana program kegiatan yang menjadi mimpinya dalam pengembangan wisata Kota Solok yang sangat memerlukan sentuhan Pemerintah Pusat terutama dalam hal keterbatasan anggaran yang dirasakan daerah.

"Alhamdulillah, bersyukur kita dan terima kasih kepada Menteri atas kesediaannya menerima kami, tentunya atas fasilitasi Andre sehingga pertemuan ini ada. Pertemuan ini merupakan kesempatan yang luar biasa dan kesempatan baik bagi Sumatera Barat untuk menjalankan program kepariwisataan dan menjadi harmonisasi dalam sinkronisasi dan harmonisasi program pariwisata antara pusat dan daerah," ungkap .

Dalam kesempatan itu Zul Elfian juga menceritakan sekilas target rencananya dalam pengembangan sektor wisata di Kota Solok, diantaranya pengembangan kawasan wisata Pulau Belibis dengan domenya, Kawasan wisata Sawah Solok, Batu Patah Payo dengan Agrowisatanya, Puncak Bidadari dengan Paralayang.

Beliau dalam laporannya, Wako meminta dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait rencana tersebut.

"Karena tanpa dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan tanpa dukungan dari Pemerintah Pusat dan lembaga legislatif, daerah akan sangat terbatas dalam mewujudkannya,," tutup Zul Elfian Umar.

Setelah itu lanjut pertemuan dengan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra di Ruang Pertemuan Kementerian Perdagangan RI Jl. M.I. Ridwan Rais Jakarta Pusat.

Diakhiri pertemuan dengan Dirjend Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian  Kementerian PUPR di Gedung Bina Marga Ruang Rapat Besar DJBM lt 2. Dan pertemuan di tiga Kementerian, Wako menyerahkan proposal permohonan dukungan pembiayaan atas program kegiatan yang telah direncanakan.


 

143