Home Ekonomi Terus Menyusut, Ini Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2021

Terus Menyusut, Ini Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2021

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) kembali memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 di angka 4,1% sampai 5,1%. Adapun, BI sebelumnya memperkirakan pertumbuhan PDB sebesar 4,8 hingga 5,8 persen. Kemudian, BI kembali merevisi perkiraan tersebut menjadi 4,3 hingga 5,3 persen,

"Pertumbuhan ekonomi diperkirakan 4,1-5,1%," ungkap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode April 2021, pada Selasa (20/4).

Terlepas dari angka proyeksi yang terus dipangkas, menurut Perry Warjiyo, ekonomi nasional telah mulai menampakkan perbaikan terutama terkait nilai ekspor.

"Volume perdagangan dan harga komoditas dunia juga terus meningkat, sehingga mendukung kinerja ekspor negara berkembang yang lebih tinggi termasuk Indoesia," jelas Perry.

Nilai ekspor mulai mengalami peningkatan seiring dengan kenaikan permintaan dari Amerika Serikat dan Tiongkok yang merupakan mitra dagang utama Indonesia.

Sementara itu untuk konsumsi swasta, perbaikannya masih cenderung terbatas. Perry menambahkan, angka konsumsi yang belum mengalami kenaikan signifikan itu disebabkan oleh mobilitas masyarakat yang masih mengalami pembatasan akibat pandemi.

Indonesia tengah mengupayakan pelaksanaan vaksinasi anti-Corona dan di saat yang sama tetap memberlakukan pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat.

"Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi. Kita lihat memang pada triwulan I dan II meskipun terjadi vaksinasi tentu ada pembatasan mobilitas manusia. Itu yang menybabkan tingkat kenaikan konsumsi tidak setinggi yang kami perkirakan," jelas Perry.

309