Home Info Satgas Covid-19 Jumlah Pasien di Wisma Atlet Naik Lagi

Jumlah Pasien di Wisma Atlet Naik Lagi

Jakarta, Gatra.com - Patut diwaspadai, telah terjadi peningkatan jumlah pasien terjadi di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat dalam 3 hari terakhir.

Koordinator Humas Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet M. Arifin menyebutkan, terdapat kenaikan pasien sekitar 400 orang dalam waktu 3 hari hingga Jumat (23/04) sehingga total pasien adalah 1600 orang. Sebelumnya, jumlah pasien yang berada di RSDC adalah 1200 orang.

“Ya, jadi ada kenaikan 3 hari ini 400 pasien, sekitar 400 pasien,” ucap Arifin dalam webinar bertajuk “Jangan Lengah, Covid-19 Masih Mewabah” yang disiarkan melalui Youtube BNPB pada Jumat (24/04).

Menurut pantauan Arifin, sudah mulai banyak Puskesmas yang mengirim pasien Covid-19 ke RSDC. Jumlah pasien yang dikirim beragam. Yang terbanyak adalah 20 orang. Kenaikan ini terjadi karena adanya mobilitas masyarakat pada libur paskah pada 2 minggu lalu. Arifin menuturkan, jumlah pasien di RSDC sempat landai pada minggu lalu.

Peningkatan jumlah pasien juga disebutkan dr. Yelsen Sumalim dari RSDC. Ia menuturkan bahwa terdapat peningkatan pasien di RSDC yang cukup banyak dalam seminggu terakhir. Peningkatan tersebut menurut Yelsen tidak sebanyak di bulan Januari yang membuat tenaga kesehatan harus menghadapi situasi yang berat. Meski begitu ia tidak ingin kejadian di bulan Januari terulang kembali. “Kita harus waspada.  Nakes maupun sumber daya yang lainnya terbatas,” ujar Yelsen di webinar yang sama.

Yelsen melihat masyarakat sekarang sudah agak abai terhadap pandemi Covid-19. Ia menduga abainya masyarakat ini dikarenakan beberapa faktor seperti vaksin dan info Covid-19 yang sudah turun.

“Mungkin karena ada vaksin kemudian ada info boleh mudik oleh bapak Presiden sebelumya lalu ditarik kembali, dan beredar info bahwa memang Covid-19 telah turun,” ucap Yelsen. Walaupun Covid-19 mengalami penurunan, Yelsen menyebutkan bahwa itu tidak perlu dirayakan dengan euforia dan tetap berwaspada.