Home Hukum Balita Diculik, Ternyata Digunakan untuk Ini

Balita Diculik, Ternyata Digunakan untuk Ini

Sragen, Gatra.com- Seorang balita asal Lampung Jetis, Kelurahan Sragen, Kecamatan Sragen Kota, Sragen, Jateng, MY (2) ditemukan bersama seorang pengemis perempuan. Balita ini diduga diculik dari keluarganya lalu dipakai sarana membuat iba. 
 
Kapolsek Sragen Kota, AKP Mashadi mengatakan MY ditemukan kerabat orangtuanya di utara Polres Sragen. Orangtuanya mengunggah informasi MY hilang ke media sosial. Banyak tanggapan di akun tersebut, hingga akhirnya MY ditemukan. Namun tragis, kondisi MY saat ditemukan memelas dengan pakaian lusuh, wajah belepotan kotoran dan kulit berpeluh keringat. Badannya lemas karena lelah berjalan kaki.
 
"Orangtuanya kebingungan. MY hilang dua hari. Tidak tahunya dibawa pengemis," katanya kepada wartawan, Senin (17/5). 
 
Mashadi mengatakan balita itu sudah dipertemukan lagi dengan orangtuanya. Sedangkan pengemis yang diduga menculiknya, saat itu juga langsung dibawa ke Mapolres Sragen kemudian diperiksa di unit PPA Reskrim. Meski demikian, orangtua MY enggan memperpanjang kasus. Mereka sudah sangat bersyukur MY pulang selamat. 
 
Usut punya usut, pengemis yang diduga menculik MY biasa mangkal di Pasar Sragen. Saat diperiksa, pelaku mengaku menemukan MY di tempat sampah. Ia menampik sengaja menculiknya. 
 
Sementara itu dalam unggahan orangtua MY di medsos tertulis kronologi balita itu menghilang dari rumah. Pada hari kejadian, Jumat (14/5) MY sedang nonton televisi bersama sepupunya. Sekitar pukul 10.30 WIB saat suasana lengang, MY diduga keluar rumah lewat pintu belakang tanpa diketahui keluarganya.
 
"Sekitar 10 menit, sepupu saya ke rumah tanya, MY sudah pulang belum? Saya kaget karena anak saya belum pulang dan langsung kita nyari anak saya," ujar Fajar, ayahanda MY.
 
Saat itu pihak keluarga mulai mencari bocah 2 tahun tersebut dan mengumumkan hilangnya MY melalui alat pengeras suara masjid dan juga di media sosial.
 
"Kita share ke Facebook dan Whatsapp, hingga pakai pengeras suara masjid deket rumah," ungkapnya.
 
Setelah mendengar pengumuman itu, tetangga berdatangan dan pihak keluarga mendapatkan informasi jika MY dibawa oleh seorang pengemis. 
1267