Home Olahraga Sah! Emery Master Liga Europa

Sah! Emery Master Liga Europa

Gdansk, Gatra.com – Unai Emery menorehkan rekor baru dalam gelaran Liga Europa UEFA. Pelatih Villarreal itu, kini tercatat sebagai sosok dengan gelar terbanyak di kompetisi ini.

Terbaru, Emery membawa Villarreal menjuarai Liga Europa musim ini. Tim kapal selam kuning mampu mengandaskan perlawanan Manchester United di Stadion Energa, Gdansk, Polandia, Kamis (27/5) dini hari WIB.

Dalam sesi adu penalti, Villarreal unggul 11-10 atas MU. Penalti menjadi jalan terakhir setelah 120 menit kedua tim bermain, skor tetap imbang 1-1. Kiper United, David de Gea, satu-satunya penendang yang gagal menyelesaikan tugas dengan baik.

Itu merupakan kali keempat Emery mampu membawa timnya menjuarai Liga Europa. Sebelumnya, Emery memenangkan trofi tersebut bersama Sevilla pada 2014 hingga 2016.

Emery menahbiskan diri sebagai pelatih tersukses di kompetisi kasta kedua Eropa itu. Dia sukses melampauai capaian Giovanni Trapattoni. Pelatih asal Italia itu tiga kali menjadi juara saat kompetisi itu masih bernama Piala UEFA. Dua kali bersama Juventus pada 1977 dan 1993 serta sekali dengan Inter Milan pada 1991.

Sedianya Emery sudah membawa timnya lima kali ke babak final kompetisi ini. Sayang saat bersama Arsenal, tepatnya musim 2018/19 hal itu gagal menghadirkan trofi bagi timnya. Arsenal menyerah dari tim sesama Inggris, Chelsea.

"Saya sangat senang. Para pemain telah bekerja keras sepanjang musim. Kami sangat bangga dengan Villarreal," kata Emery, seperti dikutip dari laman resmi UEFA.

Emery menyatakan menghormati nama besar kubu lawan. Namun tak ada niatan darinya untuk mencoba bermain bertahan. "Saya pikir kami pantas menang. Itu Manchester United, tapi kami memainkan pertandingan yang sangat kompetitif malam ini," tandasnya.

117