Home Olahraga Indonesia Bawa 2 Trofi Juara dari Austrian Open 2021

Indonesia Bawa 2 Trofi Juara dari Austrian Open 2021

Jakarta, Gatra.com – Indonesia memboyong dua trofi juara dari turnamen bulu tangkis level international series, Austrian Open 2021. Salah satu trofi juara dipersembahkan ganda putri dari PB Djarum, Serena Kani/Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Dalam turnamen berskala internasional yang memperebutkan total hadiah sebesar US$5.000 itu, Serena/Ketut keluar sebagai juara setelah menundukkan ganda Malaysia, Anna Ching Yik Cheong/Yap Cheng Wen di babak final yang berlangsung di Graz, Austria, dengan angka 21-12 dan 21-16.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, dalam keterangan tertulis, Senin (31/5), menyampaikan, kemenangan di Austrian Open 2021 merupakan sebuah pencapaian gemilang.

Menurutnya, ini merupakan buah dari target yang ditetapkan pihaknya kepada para altet yang diterjunkan agar meraih gelar juara di setiap ajang atau turnemen bulu tangkis yang diikuti. Ini juga merupakan pelepas dahaga setelah atlet PB Djarum puasa gelar setelah ajang Spain Masters 2021.

"Di Spain Masters 2021 memang tidak dapat gelar juara, tetapi pada Slovenia International 2021 boyong dua juara dan masih sesuai target," ujarnya.

Ia melanjutkan, meskipun ada beberapa nomor yang meleset dalam ajang tersebut, yakni di nomor ganda campuran (mix double), tetapi pencapaian atlet PB Djarum sudah cukup membanggakan.

Menurutnya, daya juang Serena/Ketut dari partai awal hingga final patut mendapat acungan jempol. Ia menilai penampilan kedua atlet yang sempat merasakan gemblengan pelatnas itu sangat tepat sehingga di laga final bisa menjungkalkan pasangan Malaysia.

Pasangan Malaysia tersebut menduduki rengking 29 dunia. Sementara itu, Serena/Ketut belum memiliki peringkat di dalam daftar BWF. Menurutnya, pada laga final, Serena/Ketut bermain tidak terburu-buru untuk menyerang dan memanfaatkan kesalahan lawan.

"Ketahanan fisik mereka juga bagus karena Serena/Ketut juga turun di ganda campuran. Dengan kemenangan ini, diharapkan mampu memotivasi teman-teman atlet lain untuk meraih gelar juara di turnamen berikutnya," kata Yoppy.

Sementara itu, Pelatih & Manajer Tim Atlet Dewasa PB Djarum, Vita Marissa, mengatakan, kemenangan di Austrian Open 2021 merupakan hasil membanggakan dari berbagai persiapan yang telah dijalani tim jelang turnamen.

"Semua prestasi dan gelar yang kita dapatkan, tujuannya untuk Tanah Air tercinta. Mudah-mudahan bulu tangkis akan selalu bisa membawa kebanggan Indonesisa di mata dunia," ujarnya.

Kemenangan Austrian Open 2021 ini merupakan gelar perdana bagai Serena/Ketut setelah mereka disatukan. Selain bermain ganda, di turnamen tersebut keduanya juga turun di nomor ganda campuran.

Serena mengatakan bahwa torehan kemenangan ini menjadi capaian membanggakan setelah sekian lama tidak adanya turnamen selama pandemi Covid-19, baik skala nasional maupun internasional.

“Saya sangat senang dan sangat bersyukur dengan kemenangan ini, walaupun memang lebih fokus main mix double tetapi tetap harus memaksimalkan peluang di nomor ganda putri," ungkapnya.

Walaupun tim lawan rengkingnya lebih unggul, lanjut Serena, bukan menjadi tekanan baginya dan Ketut karena pihaknya mau main enjoy dan all out dari babak awal. Kemenangan ini menjadi motivasi untuk bermain lebih baik lagi di level kejuaraan bulu tangkis yang lebih tinggi.

"Trofi ini kita persembahkan untuk PB Djarum, keluarga, rekan berlatih dan semua pelatih di PB Djarum, dan yang pasti untuk Indonesia," ucap Serena.

Adapun satu trofi juara lainnya dari Austrian Open 2021, diraih tunggal putra Indonesia, Panji Ahmad Maulana dari PB Candra Wijaya. Sementara itu, tunggal putra PB Djarum, Ihsan Maulana Mustofa harus puas karena langkahnya terhenti di babak semifinal.

Peluang meraih gelar juara tambahan dari Ihsan terpaksa pupus karena dia belum berhasil melewati partai semifinal. Ihsan dihentikan pemain Belanda, Arnaud Merkle pada babak empat besar dengan skor 14-21 dan 16-21.

Yoppy mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa yang diberikan oleh seluruh pecinta bulu tangkis sehingga Indonsia bisa membawa pulang dua gelar juara di Slovenia International 2021 dan satu gelar juara Austrian Open 2021.

"Semoga ke depannya PB Djarum mampu mempersembahkan lebih banyak gelar di kejuaraan bergengsi lainnya untuk Indonesia," kata Yoppy.

287