Home Kesehatan Disiplin Perawatan Wajah Cegah Jerawat

Disiplin Perawatan Wajah Cegah Jerawat

Jakarta, Gatra.com- Dermato Venereologist, dr. Aryani Sudharmono, Sp.KK(K), FINS-DV, FAADV menjelaskan bahwa jerawat merupakan penyakit kulit terbanyak yang dialami pasien. Lalu diikuti dengan masalah pigmentasi, kelainan pembuluh darah, serta tumor jinak kulit, dermatitis dan infeksi kulit.

“Cukup banyak dari pasien tersebut yang pada awalnya terlihat kurang percaya diri sebagai dampak dari masalah jerawat,” ungkap dr. Aryani dalam peluncuran virtual La Roche Posay Kamis (3/6).

Ia menjelaskan bahwa jerawat sebaiknya diamati jumlahnya dalam periode tertentu. Misalnya, dua minggu sekali harus bandingkan jumlah jerawat hari ini dengan jumlah jerawat dua minggu yang lalu.

"Kalau pengobatannya benar dan dilaksanakan dengan disiplin, biasanya jumlah jerawat semakin sedikit. Kalau jerawat baru masih muncul sebelum atau sesaat menstruasi, berarti masih sakit dan masih harus terus ditangani," papar dr Aryani.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, yang benar-benar sembuh dari jerawat, dr Aryani memaparkan bahwa pasien perlu disiplin dalam melakukan perawatan kulit.

Termasuk membersihkan wajah secara teratur dan menggunakan produk perawatan yang direkomendasikan secara dermatologis.

"Tidak hanya itu, sangat penting bagi pasien untuk disiplin dalam menjaga kesehatan kulitnya,” jelas dr. Aryani.

111