Home Gaya Hidup Anies Targetkan Jakarta Punya 170 KM Jalur Sepeda pada Akhir 2021

Anies Targetkan Jakarta Punya 170 KM Jalur Sepeda pada Akhir 2021

Jakarta, Gatra.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berencana memberi tambahan 101 kilometer untuk jalur sepeda. Saat ini, total jalur sepeda yang tersedia adalah sebesar 63 kilometer.

"Harapannya, akhir tahun kita punya 170 kilometer jalur sepeda. Kemudian gedung-gedung punya kewajiban menyediakan tempat parkir khusus sepeda, minimal 10% dari tempat parkir yang tersedia," kata Anies dalam keterangannya, Kamis (3/6).

Selain itu, pihaknya juga menganjurkan penyediaan tempat berbilas. Dengan demikian, dapat memudahkan masyarakat yang berangkat kerja menggunakan sepeda.

Anies juga menegaskan bahwa pembangunan jalur sepeda di Jakarta bertujuan untuk memfasilitasi warga agar bisa berkendara secara aman dan ramah lingkungan.

Diketahui, dalam rangka memperingati Hari Sepeda Sedunia, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan komunitas Bike to Work melakukan gowes bersama para dubes negara sahabat. Kegiatan itu dimulai dari Bundaran Senayan hingga Balaikota DKI Jakarta, pada Kamis (3/6).

Menurut Anies, kegiatan tersebut bisa mendorong kebiasaan bersepeda sebagai alat transportasi. Sebab, sepeda seringkali dikategorikan hanya sebagai alat olahraga.

"Karenanya, bersepeda tidak perlu harus sepeda khusus, tidak harus baju khusus. Pakai baju keseharian kita, pakai sepeda yang biasa kita gunakan, lalu gunakan sepeda itu untuk transportasi," katanya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, antara lain Anggota V BPK RI Bahrullah Akbar, Dubes Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen, Dubes Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, serta Ketua Komunitas Bike to Work Julius bersama anggotanya.

150