Home Olahraga PSSI Rampungkan Club Licensing Annual Seminar 2021

PSSI Rampungkan Club Licensing Annual Seminar 2021

Jakarta, Gatra.com - PSSI baru saja rampung menggelar Club Licensing Annual Seminar 2021 pada Kamis (10/6) dengan pembahasan materi terkait dengan kriteria infastruktur. Dijelaskan dalam seminar ini bahwa infrastruktur yang harus dimiliki oleh klub adalah stadion untuk pertandingan dan lapangan latihan untuk peningkatan kualitas pemain.

"Kami menjabarkan terkait dengan stadion-stadion yang ada di Indonesia saat ini dan juga beberapa referensi lapangan latihan yang bisa dibuat oleh klub. Pembangunan stadion seharusnya didedikasikan untuk sepak bola, dengan tujuan membangun kemajuan sepak bola Indonesia, dan untuk lapangan latihan, kita bisa melihat banyak referensi yang sudah ada saat ini," ungkap Head of Club Licensing Committee PSSI, Timmy Setiawan melalui rilis yang diterima Gatra.com (10/6).

"Kami menjabarkan terkait dengan stadion-stadion yang ada di Indonesia saat ini dan juga beberapa referensi lapangan latihan yang bisa dibuat oleh klub. Pembangunan stadion seharusnya didedikasikan untuk sepak bola, dengan tujuan membangun kemajuan sepak bola Indonesia, dan untuk lapangan latihan, kita bisa melihat banyak referensi yang sudah ada saat ini," paparnya.

Dalam kesempatan ini turut dibahas mengenai keamanan dan keselamatan sesuai dengan regulasi AFC. Di dalamnya juga berisi rencana regulasi stadion dan regulasi keamanan serta keselamatan yang diterbitkan oleh PSSI.

"PSSI melalui Department Club Licensing dan Infrastructure ke depan akan melakukan verifikasi stadion terkait dengan regulasi baru yang akan diterbitkan, sekaligus juga melakukan pemuktahiran data yang nantinya akan menjadi database PSSI terkait stadion yang ada di Indonesia saat ini. Stadion mana yang memenuhi kualifikasi AFC dan secara nasional,"Head of Infrastructure, Safety dan Security PSSI, Adi Nugroho sebagai pemateri.

Sebagai penutup, Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi berharap melalui penerapan lisensi klub akan meningkatkan profesionalitas sepak bola tanah air.

"Bahwa sesuai dengan regulasi AFC, PSSI akan mulai mengimplementasikan National Club Licensing / Lisensi klub profesional di strata kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia. Dengan demikian, saya berharap dengan tetap menjalankan Club Licensing Process ini, persepakbolaan nasional kita semakin maju dan profesional," pungkas Yunus Nusi.

109