Home Gaya Hidup Menparekraf Yakin Kabupaten Bima Bisa Jadi Destinasi Wisata

Menparekraf Yakin Kabupaten Bima Bisa Jadi Destinasi Wisata

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yakin Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat bisa jadi destinasi wisata baru di Indonesia.
 
Menurutnya, Kabupaten Bima akan bersaing dengan daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia. Pasalnya, Kabupaten Bima memiliki salah satu situs bersejarah yang bisa jadi unggulan destinasi wisata.
 
Salah satunya Uma Lengge, sebuah bangunan tradisional suku Mbojo yang berlokasi di Desa Wisata Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.  Bangunan ini berbentuk kerucut di bagian atap. Pada zaman dahulu, Uma Lengge digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat Wawo dan sebagian digunakan juga sebagai lumbung padi.
 
"Daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Bernilai sejarah tinggi karena ini adalah situs warisan budaya dari para leluhur suku Mbojo yang memiliki nilai sejarah dan keunikan tinggi dalam industri pariwisata," kata Sandi dalam keterangan tertulisnya yang diterima pada Senin (14/6).
 
Oleh karena itu, Sandi berjanji akan terus memberikan pendampingan di Desa Wisata Maria. Sehingga, objek wisata ini bisa tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia.
 
Ia menjelaskan, pendampingannya meliputi seluruh aspek yang diperlukan oleh desa wisata. Seperti penyusunan rencana pembangunan desa wisata, pembangunan SDM, pendampingan institusi desa wisata, serta pembangunan fisik atau infrastruktur dengan melibatkan kementerian dan lembaga-lembaga terkait.
 
"Bagi kami kebangkitan pariwisata ini dimulai dari desa wisata yang nantinya kita harapkan menjadi tonggak kebangkitan ekonomi," ucapnya.
 
Sandi berharap, desa wisata hadir membuka peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja. Ia menilai, banyak hal yang belum tersentuh program pembangunan nasional. Maka, menurutnya, program desa wisata ini harus disentuh lantaran berkeadilan dan tepat sasaran.

 

116