Home Olahraga Ronaldo Lewati Rekor Platini, Portugal Bekuk Hongaria

Ronaldo Lewati Rekor Platini, Portugal Bekuk Hongaria

Budapest, Gatra.com – Cristiano Ronaldo belum berhenti untuk membuat rekor. Sejumlah rekor dibuat Ronaldo dalam kemenangan Portugal atas Hongaria di matchday 1 Grup F Piala Eropa 2020 di Puskas Arena, Selasa (15/6) malam WIB.

Dalam laga itu, Ronaldo membuat dua gol untuk mengantarkan Portugal menang 3-0 atas Hongaria. Dengan tambahan dua golnya, kini Ronaldo resmi menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Eropa.

Pemain Juventus itu, kini telah mengoleksi 11 gol pada Piala Eropa. Dia melewati rekor milik legenda Prancis, Michel Platini yang mengemas 9 gol. Ronaldo juga diganjar penghargaan sebagai pemain terbaik dalam laga melawan Hongaria tersebut.

Tampilnya Ronaldo dalam laga melawan Hongaria juga memunculkan rekor. Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang tampil di lima edisi Piala Eropa, terhitung sejak edisi 2004, 2008, 2012, 2016, dan 2020. Pencapaian terbaiknya adalah membawa Portugal sebagai juara di tahun 2016.

Ronaldo juga tercatat sebagia pemain yang selalu berhasil mencetak gol pada lima edisi berbeda di ajang Piala Eropa. Sejak tampil pada 2004, mantang pemain Real Madrid dan Manchester United itu tidak pernah absen mencetak gol.

Melawan Hongaria, Portugal sempat dibuat kerepotan. Solidnya lini belakangan Hongaria di awal laga membuat Portugal tak bisa berkutik. Hongaria juga tampil semangat karena stadion penuh, dan didominasi para pendukung mereka. Tak heran, hingga babak pertama usai, Hongaria sanggup menahan Portugal dengan skor 0-0.

Portugal baru bisa memecah kebuntuan di babak kedua. Itupun, menjelang laga usai. Raphael Guerreiro mengawali keunggulan Portugal di menit ke-84. Pasukan Fernando Santos itu bisa kembali unggul di menit ke-87, lewat tendangan penalti Cristiano Ronaldo. Pada menit ke-90+2, Ronaldo kembali membobol gawang Hongaria, sehingga kedudukan menjadi 3-0.

Hasil ini membuat Portugal untuk sementara memimpin klasemen Grup F. Di laga kedua, Portugal akan menghadap Jerman. Jerman sendiri baru saja menelan kekalahan dari Prancis dengan skor 1-0 lewat gol bunuh diri Mat Hummels.

95