Home Olahraga Timnas Sepak Bola Wanita Indonesia Optimistis Lolos ke Piala Asia 2022

Timnas Sepak Bola Wanita Indonesia Optimistis Lolos ke Piala Asia 2022

Jakarta, Gatra.com- Pelatih Timnas Sepak Bola Wanita Indonesia, Rudy Eka.mengungkapkan rasa optimisme jelang menghadapi Babak Kualaifikasi Piala Asia Wanita 2022. Rudy meyakini para anak asuhnya akan mampu lolos ke turnamen tersebut.

“Setelah melihat hasil drawing tentu ini menjadi kesempatan kami untuk melihat kembali peta kekuatan lawan secara rinci. Persiapan tim yang sudah dijalani akan semakin intens, mengingat tim-tim yang akan dihadapi nanti adalah tim yang bagus, bukan hanya secara skill maupun teknik, namun juga fisik. Ketiga negara yang berada di dalam grup ini bukan lawan yang mudah. Yang pasti tim yang dipersiapkan harus lebih fokus untuk menghadapi babak kualifikasi ini,” ujat Rudy Eka (25/06).

Sebelumnya Timnas Wanita Indonesia kembali menggelar pemusatan latihan sejak 23 Juni lalu di Jakarta dan rencananya akan dillakukan hingga 6 Juli mendatang. Tercatat sebanyak 30 pemain menjalani pemusatan latihan tersebut.

Indonesia dinobatkan sebgaai tuan rumah grup C kualifikasi Piala Asia Wanita 2022 oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melalui drawing yang digelar pada Kamis (24/6) di Kuala Lumpur, Malaysia. Babak Kualifikasi ini akan berlangsung pada 13 hingga 25 September 2021 mendatang.

Dalam grup C Indonesia berada bersama Korea Utara, Singapura, dan Irak. Tim yang dianggap sebagai lawan terkuat dari grup itu adalah Korea Utara. Pasalnya Korut memiliki regenerasi pemain yang baik serta memiliki jam terbang lebih banyak dari Timnas Indonesia di ajang internasional.

“Secara peta kekuatan lawan tentu semua tim adalah tim tangguh dan berat. Namun, kita harus lebih mewaspadai kekuatan tim Korea Utara, yang kita tahu bahwa mereka adalah salah satu tim top dunia yang pernah menjadi juara di ajang ini sebanyak tiga kali. Secara ranking pun mereka diatas Indonesia. Meski dalam beberapa waktu terakhir mereka sepertinya tidak aktif berkompetisi, namun saingan terberat untuk bisa meraih hasil maksimal adalah tim Korea Utara ini,” tambah Rudy.

Sementara itu, pemain andalan Timnas Wanita Indonesia, Zahra Muzdahlifah turut mengungkapkan hal senada terkait lawan Indonesia di Grup C Piala Asia Wanita 2022. Dirinya mengakui mengaku tim Korea Utara akan menjadi lawan tangguh bagi Indonesia.

“Melihat hasil drawing saya sebagai pemain bersyukur karena setidaknya timnas kita tidak berada di grup neraka dengan lawan-lawan yang jauh lebih berat. Yang harus diwaspadai dan diantisipasi di grup ini tentu saja tim DPR Korea, karena secara pola permainan, mereka sudah berada di top level. Jika melihat tim Iraq dan Singapura, saya rasa kita masih berada di level yang sama, jadi untuk mengambil poin seharus insyaallah kita bisa, asal didukung dengan strategi yang bagus,” pungkas Zahra.

Sebagai informasi, Piala Asia Wanita 2022 berlangsung di India, pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022. Sebanyak 28 negara dibagi ke delapan grup. Grup A sampai dengan D dihuni empat negara, sedangkan Grup E hingga E berisikan tiga tim. Hanya juara grup yang berhak lolos ke putaran final. Para juara grup nantinya akan bergabung dengan tuan rumah India, juara bertahan, Jepang, runner-up Australia dan peringkat ketiga China.

1067