Home Olahraga Tim Dinamit Berpotensi Ulang Sejarah 1992

Tim Dinamit Berpotensi Ulang Sejarah 1992

Baku, Gatra.com - Timnas Denmark berhasil melaju ke babak semifinal Piala Eropa. Tiket empat besar diraih Kasper Schmeichel dan kawan-kawan usai menundukkan Republik Ceko di babak perempat final yang berlangsung di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan, Sabtu (3/7) malam WIB.

Tim Dinamit, julukan Denmark menang dengan skor 2-1 dalam laga tersebut. Pasukan Kasper Hjulmand itu pun berpeluang mengulang sejarah Piala Eropa 1992.

Ya, 29 tahun silam, Denmark tampil sebagai negara terbaik di Eropa. Meski tidak diunggulkan sama sekali, Denmark mampu menjadi juara. Di babak final, Peter Schmeichel dan kawan-kawan berhasil menundukkan Jerman dengan skor 2-0.

Peter Schmeichel adalah kiper Denmark saat menjadi juara di tahun 1992. Kini, di ajang Piala Eropa 2020, posisi penjaga gawang Denmark dikawal anaknya Kasper Schmeichel.

Dalam laga melawan Ceko, Denmark langsung memberi kejutan. Berawal dari serangkaian serangan, Denmark akhirnya mendapat tendangan penjuru di menit ke-5. Sepakan Jens Stryger Larsen dapat disundul sempurna Thomas Delaney ke gawang Ceko.

Ceko berusaha membalas. Sayang sejumlah peluang yang mereka miliki belum bisa berbuah gol. Justru Denmark mampu menggandakan keunggulan, beberapa menit jelang babak pertama berakhir.

Kasper Dolberg mamou mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-42. Gol berawal dari umpan silang Joakim Maehle, yang langsung disambar Dolberg ke gawang Ceko. Skor 2-0 menutup paruh pertama.

Memasuki babak kedua, Ceko mencoba meningkatkan serangan. Tiga menit babak kedua berjalan, Ceko akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan. Umpan silang Vladimir Coufal disambar Patrik Schick ke pojok kiri gawang. Schmeichel berupaya menggapai bola namun gagal.

Skor itu membuat Ceko bersemangat untuk terus memburu gol penyeimbang. Namun Denmark juga tidak mau mengalah, dan terus mencoba menyerang. Namun hingga akhir laga tak ada tambahan gol. Skor 2-1 untuk kemenangan Denmark.

416