Home Olahraga Roger Federer Mundur dari Olimpiade Tokyo 2020

Roger Federer Mundur dari Olimpiade Tokyo 2020

Tokyo, Gatra.com- Roger Federer memutuskan mengundurkan diri dari Olimpiade Tokyo 2020 setelah maestro tenis asal Swiss itu mengalami cedera lutut. Pengunduran dirinya ini pun disampaikan langsung melalui akun media sosial pribadinya. “Setelah menyelesaikan turnamen lapangan rumput (Wimbledon), sayangnya lutut saya mengalami masalah, dan saya harus menerima bahwa saya harus mundur dari Olimpiade Tokyo," demikian bunyi pernyataan Federer di akun media sosialnya.

"Saya sangat kecewa, karena setiap kali mewakili Swiss adalah kehormatan dan peristiwa penting dalam karier saya. Saya sudah memulai proses pemulihan. Saya berharap bisa kembali bermain pada tur akhir musim panas tahun ini." ungkapnya.

“Saya mendoakan yang terbaik bagi kontingan Swiss dan mendoakan dari jauh,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Petenis berusia 39 tahun itu sempat menjalani dua operasi di lutut kanannya pada 2020, yang membuatnya absen hingga lebih dari 12 bulan. Dia hanya memainkan delapan pertandingan sebelum tampil di Wimbledon 2021.

Di ajang Wimbledon,Pemilik 20 gelar grand slam itu harus tersingkir di fase perempat final setelah menelan kekalahan dari Hubert Hurkacz dengan skor 3-7, 6-7, dan 0-6.

Di Olimpiade, Roger Federer pernah meraih medali emas ganda putra bersama Stan Wawrinka pada Olimpiade Beijing 2008. Federer juga pernah meraih medali perak di nomor tunggal di Olimpiade London 2012 sebelum absen di Olimpiade Rio 2016 akibat cedera.

Absennya Roger Federer menambah panjang deretan nama petenis besar yang undur diri dari ajang Olimpiade Tokyo. Sebelumnya telah ada nama Rafael Nadal, Simona Halep, hingga Dominic Thiem dan Johanna Konta.

83