Home Politik Rektor UI Ari Kuncoro Akhirnya Mengundurkan Diri

Rektor UI Ari Kuncoro Akhirnya Mengundurkan Diri

Jakarta, Gatra.com- Setelah menjadi polemik, Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro akhirnya mengundurkan diri dari Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh pihak BRI melalui pengumuman dalam Keterbukaan Informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengunduran Ari Kuncoro diketahui berlaku per tanggal 21 Juli 2021. “Sehubungan itu, perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur,” tulis Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto dalam keterbukaan informasi (22/07).

Sementara itu, Kementerian BUMN juga telah menerima surat pengunduran diri Ari dan mengumumkan secara resmi kepada pihak Perseroan. “Kementerian BUMN RI telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI," tulis Biro Humas Kementerian BUMN.

Nama Ari Kuncoro tengah ramai menjadi perbincangan publik karena masalah rangkap jabatan sebagai komisaris sekaligus Rektor UI. Dalam beberapa hari belakangan namanya semakin santer dibicarakan menyusul penerbitan peraturan pemerintah, yakni PP No. 75 tahun 2021 tentang Statuta UI yang memungkinkan dirinya untuk rangkap jabatan.

Prof. Ari Kuncoro terpilih menjadi Rektor UI untuk periode 2019-2024. Sebelumnya dirinya sempat menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Ia meraih gelar sarjana di FEB UI dengan konsentrasi Ekonomi Moneter, master of arts dari Univerity of Minessota, serta gelar Ph.D pada bidang Ilmu Ekonomi dari Brown University, Amerika Serikat.

281