Home Olahraga Rio Waida Kandas di Babak 16 Besar Olimpiade Tokyo 2020

Rio Waida Kandas di Babak 16 Besar Olimpiade Tokyo 2020

Tokyo, Gatra.com - Rio Waida, atlet selancar Indonesia harus gugur pada babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 setelah dikalahkan wakil tuan rumah, Kanoa Iragashi.

Rio menghadapi Kanoa Iragashi pada ronde ketiga heat 1, di Tsurigasaki Surfing Beach, Senin (26/07). Rio takluk hanya mampu menorehkan poin 12,00. Pesaingnya, Igarashi meraih poin 14,00.

Sempat tertunda sekitar dua jam akibat cuaca buruk, akhirnya Rio dan Kanoa berduel di tengah-tengah cuaca berawan dan angin yang cukup kencang.

"Kondisi ombak sangat susah karena angin kencang seperti badai sehingga arus sangat deras. Saya masuk ke dalam laut... 10 menit pertama saya bingung mau ke mana," kata Rio usai pertandingan.

Di awal laga, atlet berdarah Indonesia-Jepang itu sejatinya mampu bersaing ketat dengan Kanoa. Hanya saja ktika penghitungan wave pertama, Rio hanya mampu mengumpulkan 6,17 poin. Terpaut 1,83 poin dari Igarashi yang mengoleksi 8,00 poin.

Peselancar berusia 21 tahun itu mencoba mengejar ketinggalan angka di wave kedua. Sayang, performa Rio masih kalah cemerlang. Dia hanya bisa menorehkan poin 5,83. 

Di sisi lain, Igarashi sukses membukukan poin 6,00. Total, peselancar peringkat enam dunia itu mengoleksi 14,00 poin. Sedangkan, Rio tertinggal dua angka dengan 12,00 poin.

Rio harus kalah secara head to head. Sementara Iragashi keluar sebagai pemenang dan berhak lolos ke babak berikutnya. Atas hasil tersebut, Indonesia harus mengubur impian menambah perolehan medali di Olimpiade Tokyo dari cabang olahraga selancar.

Meski gagal, Rio mengaku tetap optimis menjaga asa untuk ajang-ajang berikutnya. Atlet kelahiran Saitama, Jepang ini mengaku akan mengikuti lebih banyak lagi kejuaran elite dunia lainnya.

"Terima kasih atas dukungan teman-teman dan Indonesia. Mohon maaf saya belum bisa membawa pulang medali. Saya akan berusaha lebih keras untuk bisa tampil lebih baik di Paris, 2024," ungkap Rio dikutip olympics.com.

122