Home Info Satgas Covid-19 Upaya Menekan Covid-19, Tim Velox BIN Semprot Disinfektan di Sukoharjo

Upaya Menekan Covid-19, Tim Velox BIN Semprot Disinfektan di Sukoharjo

Sukoharjo, Gatra.com - Dalam rangka mendukung upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Tim Velox Badan Intelijen Negara (BIN), melakukan kegiatan dekontaminasi berupa penyemprotan disinfektan di Jalan Protokol Jendral Sudirman, Sukoharjo, Jawa Tengah, Ahad (8/8).

Terpantau, dua unit mobil tangki blower warna merah yang dimodifikasi khusus melakukan penyemprotan di sepanjang Jalan Protokol Jendral Sudirman. Tidak hanya jalan protokol saja, dua mobil tangki blower berkapasitas 5000 liter ini juga menyusuri sejumlah pemukiman penduduk yang dipetakan sebagai daerah merah atau tingkat angka kasus Covid-19 tinggi.

Lantaran terhalang portal atau pepohonan rimbun, mobil tanki beberapa kali terlihat kesulitan masuk ke gang. Namun kondisi itu segera diatasi oleh tim di lapangan. Juru bicara tim Velox BIN, Rajendra Pranata mengatakan, kerja dari timnya yakni melakukan aksi nyata dengan terjun langsung ke masyarakat. Kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan serentak di berbagai daerah Indonesia, mulai dari provinsi hingga kabupatan.

"Fokus kita untuk mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19, dengan melakukan penyemprotan disinfektan," kata Rajendra.

Disebabkan kawasan Solo Raya masih berada di zona merah Covid-19, maka Tim Velox memfokuskan penyemprotan di wilayah tersebut hingga dua pekan ke depan. Kegiatan dekontaminasi sebelumnya juga dilakukan di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

"Karena Solo Raya masih masuk zona merah, kami diperintahkan untuk mendukung upaya menekan angka penyebaran dengan aksi penyemprotan disinfektan ini," ujarnya.

Rajendra memastikan, obat yang digunakan dalam penyemprotan ini aman untuk lingkungan dan manusia. Sehingga, pihaknya berani melakukan penyemprotan hingga ke gang perkampungan.

Dengan kegiatan tersebut, ia berharap sinergitas semua pihak dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19 yang didukung oleh masyarakat. Upaya pencegahan di masing-masing wilayah dilakukan dengan penyemprotan mandiri dan mengedepankan protokol kesehatan dengan benar.

Selain melakukan penyemprotan, BIN juga menggencarkan sosialisasi terkait penanganan Covid-19 di tanah air. Bahkan saat ini, lembaga telik sandi itu juga menggencarkan vaksinasi door to door dan vaksin untuk pelajar.