Home Ekonomi Wapres Sebut Pandemi jadi Akselerasi UMKM untuk Digitalisasi

Wapres Sebut Pandemi jadi Akselerasi UMKM untuk Digitalisasi

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres), Maruf Amin menyebut bahwa pandemi covid-19 menghadirkan tatangan dan kesulitan bagi para pelaku UMKM, namun disatu sisi lainnya pandemi juga membawa keberkahan dan hal positif. Salah satunya, adalah berkat pandemi pelaku UMKM makin terakselerasi untuk melakukan digitalisasi.

Karena menurut Wapres, digitalisasi memang sangat relevan dan penting untuk dilakukan para pegiat UMKM dalam adaptasinya dengan era yang makin terdistrupsi belakangan ini. Nyatanya, DIgitalissasi punya peran strategis bagi para pelaku UMKM untuk tetap bertahan dan berperan sebagai penggerak utama pemulihan ekonomi saat ini. 

“Digitlasisasi ini harus diimbangi dengan dua persyaratan yaitu peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM serta dukungan kebijakan akses pasar bagi produk UMKM. Dua aspek ini terwakili dalam acara dan rangkaian kegiatan Hari UMKM Nasional 2021 ini,” kata Maruf Amin dalam pidato sambutannya secara daring, Kamis (12/8).

Maruf Amin juga menyebut bahwa pemerintah optimis bahwa tekad dan cita-cita untuk membangun dan memajukan UMKM di tanah air tidak akan pernah surut, meski saat ini negara masih berkutat di tengah pandemi yang masih berlangsung dan juga bersamaan dengan diberlakukannya berbagi kebijakan pembatasan.

“Upaya kita bersama mencapai pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata tidak akan surut. Meskipun saat ini kita masih berada dalam kondisi pandemi covid-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat PPKM, saya yakin tekad dan cita-cita kita untuk memajukan UMKM tidak pernah surut,” bebernya.

Keoptimisan tersebut berdasar pada data Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2020 lalu yang mencatat bahwa pertama UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai lebih dari Rp 8.500 triliun. Kedua, UMKM juga mampu menyerap 97% dari total Tenaga Kerja dan UMKM mampu menghimpun hingga 60,4% dari total nilai investasi. 

“Selama pandemi yang hampir berlangsung satu setengah tahun ini kita melihat bagaimana UMKM semakin terintegrasi dengan relung-relung ekonomi nasional.  Hal ini menggambarkan semangat yang terus berkobar saya optimis dengan peran UMKM dalam pembangunan ekonomi Indonesia,” kata Wapres.

73