Home Kesehatan Simulasi Buka Tempat Wisata, Pedagang Pantai Dewaruci Harus Vaksin

Simulasi Buka Tempat Wisata, Pedagang Pantai Dewaruci Harus Vaksin

Purworejo, Gatra.com - Semenjak virus Covid-19 masuk awal tahun 2020 lalu, kegiatan pariwisata di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah berhenti. Pada PPKM Level 4 saat ini, Dinas Pariwisata Budaya (Dinparbud) Kabupaten Purworejo berencana akan melakukan simulasi pembukaan obyek wisata.
 
Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, Agung Wibowo AP, saat ini pihaknya sedang mengajukan izin simulasi pembukaan obyek wisata (obwsi) ke Gubernur Jawa Tengah. Sedangkan obwis yang akan disimulasi adalah Pantai Dewaruci Jatimalang, Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi.
 
"Pariwisata itu multiplayer effect terlalu banyak, ada pedagang, pramu wisata, pengusaha tour dan travel dan lainnya. Kami sedang menyusun simulasi pembukaan destinasi pariwisata Pantai Dewaruci Jatimalang. Jika sudah diizinkan buka oleh Gubernur, tetap akan kami evaluasi hasilnya," kata Agung Wibowo saat ditemui dalam acara Jamasan Tosan Aji, Jumat (27/8).
 
Sistem buka tutup obwis akan diberlakukan dengan maksimal pengunjung di dalam 30% dan harus memenuhi standar protokol kesehatan (prokes).  "Sebenarnya kami ingin seperti di Provinsi NTB, jika ada pengunjung yang belum divaksin akan disuntik di tempat obwis. Namun karena ketersediaan vaksin tidak memungkinkan ya belum bisa dilaksanakan," jelas Agung.
 
Jika Pantai Jatimalang telah dibuka pun, belum akan menerima pengunjung dari luar kota. Sedangkan untuk pedagang yang ingin berjualan di kawasan pantai wisata andalan Kabupaten Purworejo ini, Dinparbud menyaratkan mereka  harus sudah divaksin.
 
Selain itu, pedagang juga harus selalu mematuhi protokol kesehatan, memakai masker dengan benar dan sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. 
 
1392