Home Ekonomi Aksi Paguyuban Tionghoa Banyumas

Aksi Paguyuban Tionghoa Banyumas

Banyumas, Gatra.com – Paguyuban Warga Keturunan Tionghoa (PWKT) Kabupaten Banyumas melakukan audiensi dengan Pemkab Banyumas, Jumat (27/8). Audiensi dilakukan sebelum PKWT melakukan bakti sosial (baksos) pembagian sembako.

Rombongan diterima langsung oleh Bupati Banyumas Achmad Husein di Ruang Joko Kaiman Pendopo Si Panji. Didampingi Ketua DPRD Banyumas Budhi Setiawan, Kapolresta Banyumas Kombes Pol M Firman Lukmanul Hakim SH SIK MSi, Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra SE MIPOL, Kajari Banyumas Soimah SH MH, Kajari Purwokerto Sunarwan SH MH.

Koordinator Penasehat PWKT Banyumas Budi Suwandi (Ong Tiong Tjin) mengatakan pihaknya bersilaturahmi sekaligus memaparkan rencana kegiatan bakti sosial yang akan dilaksanakan PWKT dengan menyasar warga yang terdampak COVID-19 di wilayah Banyumas.

“Kami berharap ada sinergi positif, sehingga kegiatan bakti sosial bisa berjalan lancar dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang terdampak pandemi,” kata Budi.

Dia mengungkapkan, bakti sosial rencananya akan dimulai pada awal September 2021. Dalam bakti sosial tersebut, pihaknya menargetkan 30 ribu paket sembako akan didistribusikan bertahap, sepekan sekali.

“Bantuan ini sebagai wujud kepedulian kami terhadap masyarakat terdampak Covid-19 yang telah terjadi selama lebih dari satu tahun ini,” ujarnya.

Ketua Panitia Baksos PWKT Peduli Sesama, Tanto Fermanto menjelaskan, bantuan diberikan kepada warga yang terdampak pandemi Covid. Misalnya, pekerja harian, yang mencari nafkah untuk makan hari itu. Diasumsikan, mereka adalah kalangan yang paling terdampak pandemi Covid.

“Kita membagikan paket sembako, rencananya tiap minggu sebanyak seribu paket. Yang dilakukan di 6-7 desa. Harapannya, pendistribusian bantuan bisa dirasakan oleh warga terdampak di 330 desa/kelurahan di Banyumas,” ucap dia.

Bupati Banyumas, Achmad Husein menyambut baik dan mengapresiasi bakti sosial yang akan dilakukan PWKT Banyumas. Bantuan berupa bahan pokok sangat diperlukan oleh masyarakat Banyumas yang saat ini terdampak pandemi COVID-19.

Husein berharap bantuan dari PWKT Banyumas dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Selain itu, agar bantuan tepat sasaran dan teknis penyaluran, bupati menyarankan PWKT Banyumas berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyumas terkait data sasaran penyaluran bantuan.

“Supaya nantinya masyarakat terdampak COVID-19 di Banyumas dapat manfaatnya serta tepat sasaran. Jangan sampai yang mendapatkan bantuan menerima bantuan kembali,” kata Husein.


 

2967