Home Ekonomi Perry Warjiyo Kembali Terpilih Sebagai Ketum ISEI 2021-2024

Perry Warjiyo Kembali Terpilih Sebagai Ketum ISEI 2021-2024

Jakarta, Gatra.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo terpilih kembali sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2021-2024. Sebelumnya, Perry telah menjabat posisi tersebut pada periode 2018 - 2021. menggantikan Bambang Brodjonegoro yang saat itu menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas.

"Kami sampaikan hasilnya, proses penetapan pemilihan ketua umum berjalan demokratis dan sesuai tata kelola Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga. Hasilnya menyepakati saya, Perry Warjiyo, untuk periode ke depan yaitu 2021 sampai 2024," ujar Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/09).

Untuk diketahui, Perry Warjiyo merupakan Bankir Karir BI kelahiran Sukoharjo, Jawa Tengah pada tahun 1959 lampau. Dirinya lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta pada tahun 1982 dan melanjutkan pendidikan di Iowa State University hingga meraih gelar Master pada tahun 1989 dan meraih gelar Ph.D di tahun 1991.

Perry memulai karier di Bank Indonesia sejak tahun 1984. Dirinya sempat menjabat sebagai Deputi Gubernur BI periode 2013-2018. Perry juga pernah menjabat sebagai Asisten Gubernur untuk kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional. Jabatan tersebut diemban setelah menjadi Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia.

Sebelum kembali ke Bank Indonesia pada tahun 2009, Perry Warjiyo menduduki posisi penting selama 2 tahun sebagai Direktur Eksekutif di International Monetary Fund (IMF), mewakili 13 negara anggota yang tergabung dalam South-East Asia Voting Group pada tahun 2007-2009.

Perry Warjiyo resmi menjadi Gubernur Bank Indonesia menggantikan Agus Martowardojo pada tahun 2018 lalu.

Setelah resmi terpilih kembali menjadi Ketua Umum ISEI, Perry mengaku akan menyusun jajaran kepengurusan ISEI pusat dalam 30 hari ke depan, termasuk perwakilan dari kalangan akademisi, bisnis, serta pemerintah.

"Tentu saja pengurus-pengurus yang terus memberikan kontribusi akan kami ajak. Mari kita majukan ISEI demi kepentingan ekonomi dan bangsa," ujarnya.

Agenda Kongres ISEI pada hari kedua ini turut menggelar evaluasi dan laporan pelaksanaan kepengurusan ISEI periode 2018-2021. Laporan disampaikan oleh Perry, sebagai Ketua Umum periode lalu.

Pada kesempatan itu, Perry menuturkan bahwa terdapat rekomendasi kebijakan ekonomi untuk pemerintah yang dikompilasi dalam sebuah publikasi.

Sebagai penutup, Perry menyampaikan apresiasinya kepada segenap pengurus pusat dan 52 cabang ISEI di periode kepemimpinannya yang lalu.

"Selama tiga tahun ISEI banyak sekali capaian-capaian membanggakan, insyaallah itu menjadi kontribusi kita kepada kebijakan pemerintah, juga pengembangan akademik, riset-riset dan jurnal, pengabdian masyarakat, dan penguatan organisasi," pungkasnya.

139