Home Gaya Hidup Berikut Nama Pemenang BCA Desa Wisata Awards 2021

Berikut Nama Pemenang BCA Desa Wisata Awards 2021

Jakarta, Gatra.com– PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program corporate social responsibility mengembangkan pilar solusi bisnis unggul yang memiliki program desa wisata. Kompetisi ini telah diikuti oleh lebih dari 465 desa wisata yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia dan menyisakan 20 finalis yang masuk ke tahap penjurian.

“Penyelenggaraan ajang BCA Desa Wisata Awards 2021 menjadi sebuah sarana yang memberikan kesempatan untuk desa wisata mempromosikan kekayaan potensi yang dimiliki," ungkap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam Virtual Press Conference Penganugerahan BCA Desa Wisata Award 2021, Jumat (3/9).

Rangkaian kegiatan BCA Desa Wisata Award 2021 sudah dimulai sejak bulan April. Selama itu pula para peserta mendapatkan berbagai pelatihan dan rangkaian seleksi.

Pada kesempatan berbahagia ini, BCA mengumumkan tiga Desa Wisata sebagai pemenang kategori Desa Wisata Kategori Alam. Lalu, untuk kategori Desa Wisata Kategori Budaya dimenangi oleh tiga Desa Wisata Kategori Desa Wisata Kategori Kreatif berhasil dimenangi oleh tiga Desa Wisata dan kategori Desa Wisata Kategori Digital didapatkan 1 Desa Wisata terfavorit.

Mulai dari tahap seleksi hingga proses penjurian ini, seluruh finalis telah mendapatkan berbagai pelatihan seperti Komunikasi dan Kepemimpinan, Teknik Foto Menggunakan Smart Phone, Social Media Branding, Perkembangan Pariwisata Indonesia, Masa Depan Desa Wisata, Teknik Presentasi & Layanan Prima 4.0.

"Di tengah kondisi seperti ini, penting sekali untuk melakukan sinergi dengan berbagai elemen untuk menciptakan daya tarik investasi yang kompetitif demi pemulihan ekonomi lebih baik. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami BCA melihat antusiasme yang tinggi dari seluruh pengurus desa wisata di berbagai wilayah di Indonesia,” ungkap Jahja.

Sebagai informasi, BCA melalui program Bakti Komunitas dan pilar Solusi Bisnis Unggul ini mendukung keberlangsungan pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia. Pendampingan terus dilakukan bagi 12 desa binaan.

Pelatihan yang diberikan BCA pun beragam diantaranya adalah pelatihan digital branding, pelatihan pemandu wisata, pelatihan standarisasi homestay, benchmarking dan pengembangan paket wisata.

“Kami bangga melihat seluruh antusias yang dilakukan oleh para finalis untuk menciptakan inovasi dan mengikuti seluruh rangkaian kompetisi ini. Meskipun dengan keterbatasan dan tantangan yang ada, namun saya yakin ini tidak menyurutkan para finalis untuk berjuang memperebutkan gelar pemenang,” ungkap EVP CSR BCA, Inge Setiawati.

Untuk mendukung penyelenggaraan ajang ini, BCA telah menyiapkan total hadiah mencapai 600 juta beserta pendampingan bagi pemenang kompetisi ini. 

“Semoga penganugerahan ini dapat menjadi awal yang baik untuk seluruh desa wisata di Indonesia untuk menggali potensi dari desanya dan dapat menginspirasi banyak pihak dan membantu pemulihan ekonomi di Indonesia khususnya bagi sektor pariwisata,” papar Inge.

Berikut para pemenang BCA Desa Wisata Award 2021

*Kategori Alam :
Juara 1 : Desa Wisata Taro, Bali
Juara 2 : Desa Wisata Bilebante, NTB
Juara 3 : Desa Wisata Nadulang, Jawa Tengah

*Kategori Budaya :
Juara 1 : Desa Karangturi Lasem, Jawa Tengah
Juara 2 : Desa Wisata Adat Osing Kemiren, Jawa Timur
Juara 3 : Desa Aneuk Laot, Aceh

*Kategori Kreatif :
Juara 1 : Desa Wisata Ngrombo, Jawa Tengah
Juara 2 : Desa Wisata Pagak, Jawa Tengah
Juara 3 : Desa Wisata Semen, Jawa Timur

*Kategori Digital :
Desa Wisata Terbaik : Desa Wisata Kemuning, Jawa Tengah

*Kategori Lomba Foto Desa Menggunakan Ponsel :
Juara 1 : Desa Wisata Tingkir Lor, Jawa Tengah
Juara 2 : Desa Wisata Taro, Bali
Juara 3 : Dusun Sade, Lombok

1475