Home Gaya Hidup Tren Desain Website yang Hits dan Menarik di Tahun 2021

Tren Desain Website yang Hits dan Menarik di Tahun 2021

Jakarta, Gatra.com - Memahami tren yang sedang berkembang sangatlah penting agar website yang Anda buat tidak terkesan jadul dan kehilangan minat pengunjung. Jika masih bingung cara membuat website yang bagus dan keren, maka bisa menggunakan jasa digital marketing terpercaya untuk membantu.

Desain website yang menarik akan membangun kesan pertama pada pengunjung saat melihatnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk membuat tampilan website yang unik, menarik, dan kreatif agar dapat meningkatkan traffic view. Anda bisa melihat contoh tren desain web 2021 sebagai referensi.

Gradient Color

Gradient color bisa menjadi salah satu referensi desain website yang bisa Anda gunakan agar tampilannya terlihat lebih menarik. Jenis desain ini menunjukkan transisi warna secara bertahap atau dikenal dengna istilah gradasi sehingga menciptakan kedalaman visual yang membuat situs jadi lebih hidup.

Membuat website dengan gradasi warna yang menarik dan tidak norak menjadikan tampilan terlihat lebih eye-catching. Desain seperti ini sangat cocok untuk kursus online, bisnis agency, dan lain sebagainya. Pilih warna yang sesuai dengan brand bisnis dan gunakan gradasi secukupnya tidak berlebihan.

Full-Page Header

Jenis desain website satu ini menampilkan header dengan ukuran penuh hingga mengisi sebagian besar halaman website. Header memiliki peran yang sangat krusial karena bisa membangun kesan pertama di benak pengunjung. Ajak pengunjung untuk langsung fokus dengan informasi utama.

Tempatkan tombol CTA (Call to Action) untuk mengarahkan pengunjung agar melakukan pembelian dengan mudah seperti dengan kata-kata “Pilih Sekarang”, “Daftar Sekarang”, dan lainnya. Gunakan gambar dan warna desain yang sesuai brand bisnis dan jangan lupa untuk mempertegas bagian penting.

Human Face

Human Face kini tengah menjadi tren desain web 2021 yang cukup menarik untuk membuat tampilan terlihat lebih powerful. Selain itu, jenis desain human face ini juga mampu meningkatkan kredibilitas suatu bisnis. Menampilkan wajah orang juga dapat meningkatkan value dari brand bisnis Anda.

Agar lebih maksimal dalam menggunakan desain human face, manfaatkan untuk membangun fokus terhadap produk dan gunakan pandangan mata ke arah CTA atau informasi penting lainnya. Model desain website seperti ini sangat cocok digunakan oleh pelaku bisnis online fashion dan kecantikan.

Bold Font

Huruf tebal dalam sebuah desain website juga diperlukan untuk mempertegas fokus penting yang ingin diperlihatkan kepada pengunjung. Bold font kini masih menjadi tren dan Anda bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan daya tarik pengunjung agar melakukan klik maupun pembelian.

Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain website, salah satunya tentukan porsi yang pas dan pertegas bagian terpenting saja. Jangan lupa untuk mengatur kontras dengan baik dan pilih jenis font yang tepat sesuai branding dari bisnis Anda. Jika perlu custom font sendiri agar lebih unik.

Hand-Drawn Design Element

Ikatan personal dengan pengunjung website bisa dibangun dengan hand-drawn design element. Desain seperti ini akan membuat tampilan website jadi lebih personal dan natural. Sehingga Anda dapat menciptakan interaksi dan engagement yang lebih powerful dengan pengunjung.

Desain dengan hand-drawn element ini menampilkan gambar dan tulisan yang mengesankan layaknya lukisan. Meskipun menarik dari segi estetika, jangan lupa untuk tetap menggunakan proporsi yang tepat. Tetap pertegas bagian-bagian yang memang harus ditonjolkan seperti CTA (Call To Action).

Grid Layout

Grid membuat tampilan desain jadi lebih rapi dan tertata karena ada garis yang emmbagi halaman dengan beberapa kolom. Layout yang menggunakan grid juga akan membuat Anda lebih mudah mengatur komposisi sehingga tampilan desain website jadi lebih menarik.

Manfaatkan setiap kolom untuk memamerkan satu portofolio foto dengan ukuran yang berbeda-beda. Website dengan desain grid layout seperti ini jadi terlihat lebih minimalis, elegan, dan unik. Sangat cocok untuk website pribadi, organisasi atau kampus dan sekolah, serta layanan jasa.

Ultra Minimalist Navigation

Ultra minimalist navigation dibuat untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi website sehingga mereka tidak kebingungan dengan navigasi yang diperlukan. Konten website dengan desain seperti ini juga jadi terlihat lebih stand out sehingga tujuan website dapat lebih maksimal tersampaikan untuk pengunjung.

Ciri khas dari tipe desain minimalist ini adalah tampilannya yang sangat sederhana, tidak banyak bermain warna maupun desain gambar. Jika ingin membuat desain seperti ini gunakan ikon, nama singkat yang jelas, dan rancang dengan tepat menu apa saja yang ingin ditampilkan.

Progress Bar

Progress bar dapat menggambarkan kemajuan suatu halaman website untuk menunjukkan seberapa panjang halaman yang sedang dibaca. Progress bar menjadi desain yang banyak disukai pengunjung dan membuat mereka ke-trigger untuk mengakses website lebih lanjut.

Contoh ide progress yang bisa dijadikan referensi untuk desain website Anda seperti tracking, radial progress display, progress saving, round progress bar, color changing, dan lainnya. Pengunjung pun akan merasa lebih fun dan seru saat membuka website dengan desain seperti ini.

White Space

Desain website dengan white space memberikan ruang kosong untuk menjaga tampilan agar terlihat lebih minimalis. Desain seperti ini juga banyak disukai karena bisa memberikan informasi jadi lebih jelas.

Namun, jika ingin menggunakan desain seperti ini, Anda juga harus memperhatikan background image yang digunakan. Minimalkan penggunaan gambar atau elemen lain dan gunakan teknik tipografi seperti font italic, bold, dan lainnya.

Tren desain website 2021 di atas bisa Anda jadikan referensi. Tentu pembuatan desain tetap harus memperhatikan tujuan dan branding yang ingin dibangun di mata pengunjung.