Home Olahraga Sumsel Jadi Tuan Rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional 2022

Sumsel Jadi Tuan Rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional 2022

Palembang, Gatra.com- Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-VI pada 2022 mendatang. Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru. “Tentunya, Sumsel siap sebagai tuan rumah FORNAS tahun depan. Ini ini tidak bisa ditawar lagi,” ujarnya, Kamis (9/9).

Menurutnya, ditunjuknya Sumsel sebagai tuan rumah FORNAS itu merupakan berkah tersendiri. Dimana diharapkan melalui FORNAS, para atlet olahraga masyarakat di wilayahnya mampu berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

Apalagi, lanjutnya, pada FORNAS kali ini tidak hanya akan diikuti oleh tingkat Provinsi, namun kabupaten dan kota se-Indonesia juga ikut berpartisipasi. Bahkan, FORNAS tahun depan juga akan mengundang para atlet dari luar negeri.

“Dukungan seluruh masyarakat Sumsel sangat kita harapkan. Bukan hanya sebagai penonton, tapi juga harus turut berpartisipasi menjadi peserta dalam event itu. Termasuk juga masyarakat yang di desa, semua harus berperan,” katanya.

Dipilihnya Sumsel sebagai tuan rumah, sambungnya, karena Sumsel sudah dikenal sebagai daerah yang ramah. Setiap even baik nasional maupun internasional yang digelar di wilayahnya kerap mendapatkan apresiasi karena selalu sukses.

“Kita (Sumsel) ini dipilih karena kita dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan menerima setiap tamu. Apalagi, Sumsel juga didukung dengan fasilitas olahraga yang memadai,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam FORNAS tersebut sedikitnya ada 56 olahraga masyarakat yang akan digelar. Mulai dari paralayang hingga gobak sodor. “Kita juga meminta olahraga perahu tradisional yang kita sebut perahu bidar juga dipertandingkan. Even itu akan belangsung pada Juli 2022 nanti,” katanya.

Semua pertandingan akan terpusat di Kota Palembang. Namun, ia juga tetap mempersilahkan kabupaten dan kota di Sumsel untuk berpartisipasi menjadi tuan rumah beberapa cabang olahraga tersebut. Bahkan, agar even itu semakin semarak, Sumsel berencana menjadikan ikan Belida sebagai maskot FORNAS ke-VI tersebut.

“Sudah lama kita pilih ikan Belida sebagai maskot FORNAS ini, karena kita tahu ikan Belida ini dilindungi. Jadi melalui even ini, kita juga mengajak agar melindungi ikan Belida agar tidak punah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat Hayono Isman, mengatakan KORMI merasa bangga karena olahraga masyarakat masuk dalam agenda nasional. “Tentu ini akan semakin mendorong prestasi di bidang olahraga,” ujarnya.

Pihaknya pun memastikan, dengan adanya FORNAS tersebut tentu akan menjadi wadah bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam bidang olahraga. “Ini momen bagi olahraga masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam prestasi. Melalui ini, akan muncul bibit atlet baru yang berprestasi,” katanya.

2496