Home Politik Vakum 25 Tahun, PWI Kembali Berdiri di Sibolga dan Tapteng

Vakum 25 Tahun, PWI Kembali Berdiri di Sibolga dan Tapteng

Tapanuli Tengah, Gatra.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akhirnya resmi berdiri kembali di Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut). Kehadiran kembali PWI di dua daerah itu ditandai dengan Konferensi dan Pengukuhan Pengurus PWI Sibolga dan Tapteng Periode 2021-2024 dengan tema 'Mewujudkan Wartawan Profesional, Kompetensi, dan Bermartabat' di Ballroom Hotel PIA Pandan, Tapteng, Sabtu (11/9). 

 

 

Konferensi dan Pengukuhan PWI Sibolga dan Tapteng ini dipimpin langsung Ketua PWI Sumut, Hermansjah bersama Sekretaris, Edward Thahir, dan Wakil Ketua Bidang Organisasi, Khairul Muslim.
 
Dalam konferensi itu, Sahat Jason Gultom terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI Sibolga dan Tapteng, dan Preddy Situmorang sebagai Sekretaris, Jhonny Simatupang sebagai Bendahara, Petrus Gulo sebagai Wakil Sekretaris, serta anggota Ridwan T Butar-Butar dan Toga Sianturi. 
 
Dalam sambutannya, Hermansjah mengungkapkan rasa bangganya dengan terbentuknya PWI Sibolga dan Tapteng defenitif setelah 25 tahun vakum (kosong).  Ia bahkan memuji kiprah Sahat Jason Gultom, selaku Ketua terpilih selama masih menjabat sebagai Ketua Kelompok Kerja (Pokja) PWI Sibolga dan Tapteng selama satu tahun delapan bulan. 
 
Menurutnya, selama periode itu, Sahat Jason Gultom telah berbuat banyak bagi PWI, khususnya PWI Sumut, mulai dari menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), meningkatkan status anggota dan jumlah anggota PWI Sibolga dan Tapteng dan lainnya. 
 
Oleh karena itu, hari ini menjadi sejarah bagi kita, karena kami dapat mengukuhkan pengurus PWI Sibolga-Tapteng. Kiranya kerja keras teman-teman di PWI Sibolga-Tapteng ini dapat dicontoh oleh PWI daerah lain," ucap Hermansjah. 
 
Dedi Bugis, mewakili manajemen PTAR selaku pengelola Tambang Emas Martabe di Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dalam sambutan tertulisnya, juga mengucapkan selamat dan sukses atas pengukuhan pengurus PWI Sibolga-Tapteng periode 2021-2024. "Manajemen PTAR akan selalu siap mendukung setiap kegiatan-kegiatan positif PWI sebagaimana yang sudah terlaksana selama ini," tutur Dedi.
 
Sementara itu, Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, yang diwakili Asisten Administrasi dan Pembangunan Umum Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga, Hendra Darmalius, berharap kehadiran PWI Sibolga dan Tapteng mampu membenahi wartawan yang bekerja tidak sesuai etika jurnalistik serta meningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) wartawan, sehingga tugas jurnalistik  wartawan semakin profesional.
 
"Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kami perlu menyampaikan, bahwa Pemkot Sibolga juga akan selalu mendukung program-program positif PWI Sibolga-Tapteng selama tidak menyalahi aturan," tukas Jamaluddin. 
 
Hal yang sama disampaikan Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul, yang hadir mewakili Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Selain menyambut baik pengukuhan pengurus PWI Sibolga-Tapteng, Darwin juga mengharapkan kehadiran PWI di Sibolga-Tapteng berdampak positif bagi para wartawan. Terutama dalam menyajikan berita yang baik dan benar. "Inilah harapan kita, karena banyak sekarang ini berita-berita yang hanya memuat berita dari satu sisi," ucap Darwin. 
 
Sahat Jason Gultom yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI Sibolga dan Tapteng periode 2021-2024 dalam sambutannya sebelumnya, mengucapkan terima kasih kepada PWI Sumut yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menahkodai PWI Sibolga dan Tapteng. 
 
Ia juga bahkan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, karena telah mendukung keberadaan PWI Sibolga-Tapteng dan menampung anggaran PWI Sibolga dan Tapteng di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tapteng Tahun Anggaran (TA) 2021.
 
Terima kasih juga saya sampaikan kepada manajemen PTAR yang juga senantiasa mendukung setiap kegiatan PWI Sibolga-Tapteng serta Wali Kota Sibolga, Bapak Jamaluddin Pohan yang akan menampung anggaran PWI di APBD Sibolga, tukas Jason.
 
Acara pengukuhan itu turut dihadiri Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Aswin Kosotali, dan Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS), yang diwakili Kapten (Inf) Darwin Gultom, dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga yang diwakili. (Jhonny Simatupang)
331