Home Gaya Hidup Indonesia Raih 5 Penghargaan ASEAN Energy Awards 2021

Indonesia Raih 5 Penghargaan ASEAN Energy Awards 2021

Jakarta, Gatra.com – Indonesia berhasil meraih lima penghargaan tingkat kawasan Asia Tenggara pada ajang ASEAN Energy Awards 2021. Kelima raihan itu terdiri atas dua Winner, dua 1st Runner Up, dan satu 2nd Runner Up.

Secara rinci, dua penerima Winner yaitu Green Office Park-9 (GOP-9) untuk kategori Large Green Building, serta Solar Thermal Cooling System di kategori Special Submission for Energy Efficiency in Building. Kemudian, terdapat PT Denso Bekasi Plant yang menyabet 1st Runner Up pada kategori Large Industry – Energy Management.

Selain itu, dua gedung kementerian ESDM juga didaulat menjadi pemenang, yakni gedung Slamet Bratanata sebagai 1st Runner Up kategori Energy Management in Large Building, serta gedung Chairul Saleh sebagai 2nd Runner Up kategori Small and Medium Building – Energy Management.

“Saya berharap pencapaian ini dapat mendorong para pengelola gedung untuk melakukan efisiensi energi,” ungkap Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi dalam keterangan tertulis, Rabu (15/9).

Agung menambahkan, capaian tersebut diharapkan juga bisa mendorong pengelola gedung dan pegawai Kementerian ESDM agar menerapkan pola hidup hemat energi. Dia pun berharap gedung-gedung di kementerian ESDM mampu meraih prestasi pada ajang yang sama di tahun berikutnya.

Penghargaan tahunan tadi diselenggarakan oleh ASEAN for Energy (ACE) di bidang energi baru terbarukan (EBT) dan konservasi energi. Upaya ini dilakukan untuk mempromosikan pemanfaatan EBT, penerapan efisiensi, serta konservasi energi di tingkat regional ASEAN.

Menurut Agung, penghargaan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2000 itu juga bertujuan untuk memberi apresiasi terhadap praktik terbaik dan meningkatkan kesadaran publik mengenai pemanfaatan EBT dan konservasi energi. Selain itu, pemanfaatan batu bara dengan cara yang bertanggung jawab dan tetap memperhatikan aspek perlindungan lingkungan.

166