Home Gaya Hidup Menjelajah Cilacap Masa Silam Melalui Festacap 2021

Menjelajah Cilacap Masa Silam Melalui Festacap 2021

Cilacap, Gatra.com – Melanjutkan kesuksesan Festival Kesenian dan Kebudayaan Cilacap (Festacap) tahun-tahun sebelumnya, Festacap 2021 kali ini mengajak masyarakat Cilacap untuk lebih jauh lagi mengenal seni, budaya, hingga sejarah Kabupaten Cilacap melalui Pameran Fotografi dan Arsip Sejarah Cilacap.

Digelar di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap pada Jumat 17 September 2021 hingga Minggu 19 September 2021, pameran fotografi dan arsip sejarah Cilacap memperlihatkan sudut-sudut Kabupaten Cilacap dari lensa kamera dan beberapa arsip peninggalan masa lalu seperti buku, majalah, peta, foto-foto hingga kartu-kartu pos yang digunakan pada tahun 1930-an.

“Pameran ini menjadi salah satu inti dari Festacap 2021, temanya sesuai dengan tema Festacap tahun ini yang berarti memperkenalkan kembali dan kembali ke masa lalu Kabupaten Cilacap. Foto yang dipamerkan diambil oleh peserta umum dan untuk arsipnya, kami bekerjasama dengan Tjilatjap History.” kata Angga Dwi Prasetiyo, Ketua Pelaksana Festacap 2021.

Mengusung tema ‘Mantuk Bhumi Cilacap’, Festacap 2021 kembali digelar oleh sekumpulan mahasiswa Cilacap yang peduli dan tertarik akan kebudayaan kampung halamannya. Festacap diisi dengan serangkaian acara dan kegiatan yang sarat akan seni dan budaya serta disisipi oleh kegiatan pengembangan ekonomi di masa pandemi.

“Festacap 2021 sudah mulai digelar sejak bulan Juli lalu, hari ini tanggal 17 September hingga 19 September nanti adalah acara intinya. Selain pameran hari ini, acara inti pada tanggal 19 nanti kita ada performing art teman-teman asal Cilacap Barat, Patimuan. Acara inti masih kita gelar sama seperti tahun lalu secara virtual melalui Youtube,” ujarnya.

Masih dalam suasana pandemi, Angga menjelaskan, pameran hanya bisa dikunjungi oleh tamu-tamu undangan dan dibatasi maksimal 30 orang di dalam ruang pameran. “Hal ini dilakukan agar lebih mudah mengatur pengunjung dan menjalankan prokes yang ketat,” ucap dia.

“Bagi warga Cilacap yang ingin menyaksikan pamerannya, bisa mengikuti secara virtual pada hari Minggu di Youtube Festival Kesenian dan Kebudayan Cilacap. Nanti juga akan ditampilkan video pameran disini dari sudut pandang para pengunjung yang hadir secara offline,” pungkasnya.


 

1752

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR