Home INFO POLRI Kapolri: Kedepankan Humanisme dalam Pengamanan Kunker Presiden

Kapolri: Kedepankan Humanisme dalam Pengamanan Kunker Presiden

175

Jakarta, Gatra.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya di Polda dan Kasatwil di seluruh Indonesia untuk melakukan pengamanan kunjungan kerja Presiden secara humanis dan tidak reaktif.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, dilansir dari akun YouTube Polri, Jumat (17/9), menyampaikan, perintah Kapolri tersebut sebagaimana tertuang dalm Surat Telegram (STR) yang baru diterbitkan.

"Sesuai dengan telegram Bapak Kapolri ke jajaran dengan Nomor STR/862/IX/PAM.3/2021 tertanggal 15 September 2021," katanya.

Menurut Argo, STR Kapolri tersebut untuk menjamin berekspresi dan penyampaian pendapat di muka umum sebagaimana dijamin dalam Undang-Undang (UU) Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

"Jadi, kalau kaitannya dengan berekspresi, kebebasan menyampaikan pendapat di muka umum, yang sudah diatur di UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum sesuai dengan telegram Bapak Kapolri ke jajaran," ujarnya.

Menurut Argo, STR tersebut diterbitkan agar dalam pengamanan kunjungan Presiden di berbagai wilayah, tidak terjadi lagi aksi-aksi berlebihan ketika ada masyarakat yang menyampaikan aspirasi atau pendapat.

"Jadi berkaitan hal tersebut agar tidak terulang kembali disampaikan kepada para Kasatwil dan jajaran di Polda di seluruh Indonesia," ujarnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS