Home Gaya Hidup AHI: Denpasar Kota Terpopuler di Media Digital 2021

AHI: Denpasar Kota Terpopuler di Media Digital 2021

Jakarta, Gatra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar menjadi Pemerintah Kota Terpopuler di Media Digital Tahun 2021 dalam ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) yang dihelat PR Indonesia/Humas Indonesia bekerja sama dengan Kazee Digital.

"Saya di sini mewakili masyarakat Denpasar mengucapkan rasa syukur atas terpilihnya Kota Denpasar, khususnya Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar sebagai Pemerintah Kota Terpopuler di Media Digital Tahun 2021," kata I Dewa Gede Rai, Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretaris Daerah (Setda) Kota Denpasar saat menerima anugerah tersebut secara virtual pada Jumat (17/9).

Rai menyampaikan, ini menjadi capaian positif dalam tata kelola pemerintahan daerah, terlebih di masa pandemi Covid-19. Ini merupakan hasil kontribusi semua pihak, termasuk masyarakat Kota Denpasar dan Bali yang menjadi wajah Indonesia di mata dunia.

"Saya pun bersyukur karena meski di masa pandemi Covid-19, tapi kami masih tetap berprestasi. Semoga apa yang kami lakukan bisa menginspirasi daerah lainnya," ujar Rai.

Menurutnya, Humas harus terus melakukan inovasi dan proaktif dalam menyampaikan informasi serta mengatur isu sehingga informasi tepat sasaran, yakni membuat reputasi positif Pemkot Denpasar.

“Dalam mendukung maksimalnya tata kelola informasi ini diperlukan sinergitas antarlini seluruh OPD. Sehingga informasi yang disajikan dapat diterima dengan baik dan mendapatkan umpan balik yang positif dari masyarakat," katanya.

Penghargaan ini, lanjut Rai, menjadi cambuk untuk terus berusaha maksimal dalam memberikan pelayanan informasi publik bagi masyarakat Kota Denpasar, khususnya bidang informasi dan publikasi.

Penghargaan ini merupakan hasil monitoring menggunakan metode kuantitatif real time dan analisa kualitatif. Monitoring dilaksanakan dengan menyasar pemberitaan Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD di 7.015 media online lokal, 962 media online nasional,, dan 2.338 media online internasional serta media sosial sepanjang semester 1 Januari–30 Juni 2021.

"Dalam pembangunan di era revolusi industri 4.0 dan masa pandemi Covid-19, Humas mempunyai peran strategis dalam manajemen isu dan tata kelola informasi dalam mendukung pembangunan daerah," Rai.

Kota Denpasar mendapat penghargaan bersama Pemerintah Daerah, Kementerian atau Lembaga, BUMN, dan Bank Pembangunan Daerah se-Indonesia. "Untuk Katagori Pemerintah Kota yang menerima penghargaan hanya ada 5, yaitu Kota Denpasar, Bandung, Makassar, Semarang, dan Kota Surabaya," ungkapRai.

Dalam sambutanya, Founder dan Ceo PR Indonesia, Asmono Wikan, mengatakan bahwa AHI dilaksanakan untuk ketigakalinya. AHI merupakan ajang berbasis penjurian dan monitoring media. Adapun tema AHI Tahun 2021 ini adalah 'Inovasi Komunikasi di Masa Pandemi'. Tema ini dirasa sangat relevan di masa pandemi saat ini.

"Humas memiliki peranan yang strategis dalam mendukung pembangunan daerah. Hal ini dilaksanakan dengan penerapan manajemen isu serta membangun reputasi dan tata kelola informasi yang baik, sehingga pembangunan daerah dapat berjalan lancar dan tepat sasaran," kata Asmono.

108