Home Ekonomi Luhut Ingin Ada 4.000 Restoran Indonesia di Mancanegara pada 2024

Luhut Ingin Ada 4.000 Restoran Indonesia di Mancanegara pada 2024

Jakarta, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan, mendambakan adanya ribuan restoran khas Indonesia di berbagai penjuru dunia dalam krun waktu tiga tahun ke depan.

“Kita optimis untuk menargetkan ekspor bumbu rempah mencapai US$2 miliar dan 4.000 restoran hadir di mancanegara pada tahun 2024,” ujar Luhut dalam sebuah video yang ditayangkan dalam sebuah webinar yang digelar pada Senin, (27/9/2021).

“Kita tengah merangkul seluruh stakeholders, mengangkat kuliner Indonesia mendunia melalui ‘Indonesia spice up the world’,” tambah Luhut.

Melansir laman resmi Kemenparekraf, tema “Indonesia spice up the world” merupakan salah satu program utama pemerintah yang melibatkan lintas kementerian/lembaga sebagai salah satu upaya perluasan pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah Indonesia.

Selain itu, program tersebut juga juga menguatkan industri kuliner Indonesia dengan pengembangan restoran Indonesia di luar negeri atau sebagai bagian dari gastro-diplomasi restoran.

Walau begitu, Luhut mengingatkan bahwa program tersebut bisa berjalan mulus apabila dimulai dari rumah sendiri dulu. “Strategi perlu diperkuat dengan diawali dengan menyasar pasar-pasar domestik karena dari pasar inilah pemulihan pariwisata nasional akan dimulai,” ujarnya.


 

184