Home Olahraga Singapura Resmi Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Piala AFF 2020

Singapura Resmi Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Piala AFF 2020

Kuala Lumpur, Gatra.com - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) resmi menunjuk Singapura sebagai tuan rumah Piala AFF Suzuki 2020. Pada edisi Paiala AFF kali ini digunakan format terpusat atau satu tuan rumah. Gelaran turnamen ini direncanakan akan berlangsung pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Pada Piala AFF 2020 timnas Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Adapun Grup A diisi oleh Timnas Filipina, Thailand, Singapura, Myanmar, dan pemenang laga antara Bunei Darussalam atau Timor Leste.

Presiden AFF, Khiev Sameth mengungkapkan bahwa kesehatan dan keselamatan menjadi faktor utama dalam pemilihan tuan rumah Piala AFF edisi kali ini.

"Kami dengan senang hati mengumumkan Singapura sebagai negara tuan rumah Piala AFF Suzuki 2020. Kami menerima banyak tawaran menarik dari asosiasi anggota kami dan Dewan AFF memiliki keputusan yang sulit untuk memilih antara mereka. Dengan prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat. Pada akhirnya ini adalah faktor penentu saat menilai tawaran. Kami sangat berterima kasih kepada semua asosiasi anggota yang telah menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah turnamen di masa-masa yang penuh tantangan ini. Ini benar-benar menunjukkan semangat kekuatan dan tekad ASEAN dalam menghadapi kesulitan," ujar Sameth, Selasa (28/09).

"Sekarang dengan keputusan yang dibuat, kami dapat fokus bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Singapura untuk memastikan bahwa acara tersebut diselenggarakan dengan aman dan juga menghidupkan kegembiraan sepak bola dan semangat para penggemar ASEAN," lanjutnya.

Sementara itu, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan PSSI mendukung AFF terkait penunjukkan Singapura sebagai tuan rumah. Apalagi situasi pandemi covid-19 yang menjadikan turnamen ini harus digelar di satu negara.

“Piala AFF Suzuki 2020 di Singapura pasti digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan kami siap berlaga. Tentu PSSI akan menyiapkan timnas Indonesia agar bisa meraih prestasi di ajang tersebut,” ujar Yunus Nusi.

 

 

871