Home Teknologi JakLingko: Aplikasi Integrasi Antarmoda Dapat Diunduh Awal 2022

JakLingko: Aplikasi Integrasi Antarmoda Dapat Diunduh Awal 2022

Jakarta, Gatra.com - PT JakLingko Indonesia menargetkan untuk aplikasi integrasi antarmoda mulai dapat diunduh oleh publik pada awal tahun 2022 mendatang. Direktur Utama PT JakLingko Indonesia, Muhammad Kamaluddin mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan perluasan uji coba aplikasi dan kartu yang dapat digunakan pada empat moda transportasi, yakni MRT Jakarta, LRT Jakarta, TransJakarta dan KAI Commuter. Adapun penyesuaian tarif terintegrasi diproyeksikan dapat diterapkan mulai Maret 2022.

“Sementara mikro trans dan bus di luar koridor masih belum bisa, kami masih terus melakukan perluasan, Januari 2022, semua halte dan stasiun sudah terhubung penuh dengan JakLingko akan bisa digunakan, namun masih dengan tarif masing-masing moda transportasi," ujarnya dalam konferensi pers uji coba aplikasi JakLingko di Jakarta, Senin di Jakarta, Senin, (4/10).

Aplikasi Jaklingko menawarkan kemudahan sistem pembayaran dengan satu pintu untuk berbagai moda transportasi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menentukan transportasi yang digunakan dari titik keberangkatan menuju titik tujuan.

"Dari titik keberangkatan sampai tujuan akan terhubung dan pengguna diberikan rekomendasi campuran antarmoda yang paling hemat, maupun kombinasi antarmoda yang tercepat," ujar Kamaluddin.

Lebih lanjut, Kamaluddin memaparkan bahwa nantinya aplikasi JakLingko dapat menghadirkan tarif terintegrasi yang lebih murah sesuai dengan profil pengguna yakni pelajar, lansia, hingga veteran.

Metode pembayaran dilakukan melalui dua cara, yaikni dengan sistem "tapping" kartu dan QR Code dari aplikasi JakLingko di sejumlah akses masuk di stasiun dan halte seluruh moda transportasi.

Targetnya, ada Desember 2021 mendatang, akan ada 1300 gate integrasi di moda transportasi Transjakarta, MRT, LRT, dan Commuter Line yang dapat terhubung dengan aplikasi JakLingko.

Kamaludiin menuturkan bahwa perluasan uji coba kartu dan aplikasi JakLingko ini merupakan bagian dari fase I implementasi sistem integrasi antarmoda yang dimulai sejak 29 September lalu. Untuk saat ini aplikasi tersebut hanya dapat diunduh secara terbatas oleh pemangku kepentingan, komunitas dan masyarakat yang menjadi peserta uji coba.

1175