Home Olahraga Tampil Menyerang, Menang Telak Atas Taiwan, Indonesia Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023

Tampil Menyerang, Menang Telak Atas Taiwan, Indonesia Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023

Buriram, Gatra.com- Pertandingan leg kedua playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 antara Taiwan melawan Indonesia kembali digelar di Chang Arena, Thailand pada Senin (11/10) malam. Timnas sukses menorehkan kemenangan 0-3 dan berhak lolos ke babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Indonesia mengawali babak pertama dengan inisaitif menyerang. Pada menit kesepuluh, timnas sempat menciptakan peluang pertama  melalui tendangan bebas Evan Dimas, hanya saja tembakannya masih mengarah kepada penjaga gawang Taiwan, Shin Shin-An.

Timnas terus melancarkan serangan. Gol pertama akhirnya mampu tercipta pada menit ke-25. Egy Maulana Vikri mencatatkan namanya di papan skor usai melepaskan sepakan terukur dari luar kotak penalti.

Pada menit ke-31, Taiwan nyaris menyamakan skor setelah setelah upaya sapuan bola dari Pratama Arhan jatuh ke kaki pemain Taiwan. Beruntung, tembakannya masih melebar dari di sisi gawang yang dikawal Muhammad Riyandi.

Unggul 0-1 tak membuat Evan Dimas dan kawan-kawan puas diri. Timnas terus meningkatkan serangan guna mencetak gol tambahan. Adam Alis melepaskan sepakan keras pada menit ke-36. Sayang, Shin Shin-An masih mampu tembakan tendangan tersebut.

Ricky Kambuaya dan Dedik Setiawan turut membahayakan lini pertahanan Taiwan. jelang babak pertama berakhir. Shin Shin-An pun harus berjibaku di bawah mistar gawang. Hingga turun minum skor 0-1 untuk Indonesia masih bertahan.

Memasuki babak kedua, timnas Indonesia tetap tampil menyerang. Pelatih Shin Tae-yong memasukkan Witan Sulaeman yang menggantikan Adam Alis.

Gol kedua Indonesia mampu tercipta pada menit ke-55 lewat Ricky Kambuaya. Memanfaatkan kesalahan pemain Taiwan dalam membuang bola, Ricky melepaskan sepakan keras dalam kotak penalti yang tak mampu dibendung Shin Shin-An. Skor berubah menjadi 0-2.

Memasuki menit ke-73, Shin Tae-yong melakukan dua pergantian sekaligus dengan memasukkan Ramai Rumakiek dan Syahrian Abimanyu yang menggantikan Egy Maulana Vikri dan Evan Dimas.

Keunggulan dua gol, Indonesia tak menurunkan intensitas serangan. Pasukan Garuda terus menggempur pertahanan Taiwan, terutama dari sayap kanan. Pada menit ke-85, umpan Pratama Arhan berhasil disambut Witan Sulaeman. sayang, penyelesaian akhir dari Witan Sulaeman belum maksimal, bola masih melebar ke samping gawang Taiwan.

Witan tak menyerah, dirinya pun mampu mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-92. Melalui skema serangan cepat, Witan menggiring bola ke kotak penalti Taiwan dan menaklukkan Shin Shih-an dengan tendangan mendatar.

Indonesia sukses menutup laga dengan kemenangan telak 0-3 di leg kedua playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Dengan demikian timnas unggul agregat 5-1 lantaran pada leg pertama juga sukses mencatatkan kemenangan dengan skor 2-1. Timnas Indonesia pun berhak melaju ke putaran akhir Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan digelar Februari tahun depan.

Susunan pemain:

Taiwan (4-4-2): 1-Shin Shin-An; 2-Hsieh Peng-Long, 3-Chen Ting-Yang, 4-Ling Mang-Hsin, 5-Cheng Hao, 6-Lin Cheng-Yi, 7-Lin Ming-Wei, 8-Emilio Estevez, 9-Li Mao, 11-Wu Chun-Ching, 12-Wu Yen-Shu.

Indonesia (4-2-3-1): 22-M Riyandi; 18-Adam Alis (21-Witan Sulaeman, 45'), 15-Ricky Kambuaya (7-Kadek Agung, 90'), 14-Asnawi Mangkualam, 13-Rachmat Irianto, 12-Dedik Setiawan (9-KH Yudo, 90'), 11-Victor Igbonefo, 10-Egy Maulana (20-Ramai Rumakiek, 73'), 8-Pratama Arhan, 6-Evan Dimas (17-Syahrian Abimanyu, 73'), 4-Ryuji Utomo.

234