Home INFO POLRI Kopolri Perintahkan Jajaran Antisipasi Potensi Kasus Baru Covid-19

Kopolri Perintahkan Jajaran Antisipasi Potensi Kasus Baru Covid-19

64

Jakarta, Gatra.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya di seluruh Polda tetap waspada dan mengantisipasi terjadinya kasus baru Covid-19 meskipun saat ini angkanya melandai dan terkendali.

Sigit dikutip dari laman Polri, Rabu (13/10), menyampaikan instruksi tersebut terkait evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan pemerintah.

Kapolri meminta seluruh jajarannya untuk terus melakukan berbagai upaya dan antisipasi terjadinya lonjakan atau klaster baru Covid-19 setelah pemerintah melonggarkan aktivitas masyarakat.

“Persiapkan langkah-langkah antisipasi terhadap pelonggaran agar tidak terjadi lonjakan kasus kebali,” ujar Sigit.

Salah satu upaya mencegah laju pertumbuhan kasus dan menjadikan pandemi Covid-19 menjadi endemi, lanjut Sigit, yakni tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) 3M secara ketat, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak; menguatkan 3T yakni tracing, testing, dan treatment; serta menggencarkan vaksinasi.

Kapolri juga memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan penerapan aplikasi PeduliLindungi, yakni menyediakan di semua pusat aktivitas warga sehingga percepatan vaksinasi masyarakat bisa berjalan maksimal.

“Pengawasan terhadap masyarakat dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Apabila ditemukan kategori kuning atau merah, berikan pelayanan vaksin dengan menyediakan gerai vaksinasi maupun vaksin mobile,” ujarnya.

Sigit juga menyampaikan agar seluruh jajarannya mengantisipasi sedini mungkin potensi masuknya Covid-19 varian MU dan Lamda dari luar negeri yang kemungkinan dibawa oleh pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS