Home INFO POLRI Kapolri Instruksikan Jajaran Tingkatkan Pengawasan Pelaksanaan Karantina

Kapolri Instruksikan Jajaran Tingkatkan Pengawasan Pelaksanaan Karantina

160

Jakarta, Gatra.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajaran Polda untuk meningkatkan pengawasan penerapan karantina pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di masing-masing wilayah.

Sigit menyampaikan instruksi tersebut terkait kebijakan pemerintah yang ingin membuka pintu masuk bagi wisatawan mancanegara dan WNI yang pulang dari luar negeri.

Menurut Sigit, masih ada sejumlah persoalan terkait dengan teknis pelaksanaan kekarantinaan. Ia pun memerintahkan seluruh jajarannya untuk mengecek ulang sistem pengamanan kekarantinaan di masing-masing wilayah.

“Apalagi kalau sudah dibuka SOP-nya betul-betul dilaksanakan. Jangan kemudian kita abai, lengah, dan apa yang kita lakukan selama ini sia-sia,” ujarnya.

Menurutnya, pelonggaran secra bertahap ini harus diperhatikan secara serius karena ada konsekuensi yang harus ditanggung jika tidak serius melaksanakannya. Potensi-potensi tersebut bisa diukur sehingga bisa dikendalikan.

Menurut Sigit, antisipasi dan penanganan yang tepat, juga untuk melakukan persiapan adanya event internasional di Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni diselenggarakannya World Super Bike Championships (WSBK).

Dengan penanganan dan pengendalian Covid-19 yang maksimal, lanjut Sigit, penyelenggaraan ajang dunia itu bakal memberikan efek positif untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Selain itu, ajang tersebut juga akan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia karena berhasil menyelenggarakan WSBK, dengan memperhatikan faktor kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.

“NTB dan beberapa event lanjutan di Bali dipersiapkan dengan baik. Kalau ini bisa dikelola dengan baik, tentunya di mata internasional semakin baik dan tentunya hal lain seperti pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Tak hanya itu, Kapolri juga mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang telah bekerja keras untuk mencegah laju pertumbuhan virus corona. Ia berharap jajarannya mempertahankan hal tersebut dan meminta terus melakukan sinergi dengan TNI, Pemda, dan seluruh elemen masyarakat.

“Apa yang terjadi merupakan hasil kerja keras seluruh anggota. Sekarang tumpuan ada di kita TNI, Polri. Tetapi saya yakin seluruh rekan akan melaksanakan dengan baik,” katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS