Home INFO POLRI Kapolri Sebut Indonesia Nomor Satu Se-Asia Tenggara yang Bisa Tekan Kasus Covid-19

Kapolri Sebut Indonesia Nomor Satu Se-Asia Tenggara yang Bisa Tekan Kasus Covid-19

6889

Banyuwangi, Gatra.com - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut, saat ini Indonesia menjadi negara nomor satu di Asia Tenggara yang bisa menekan laju pertumbuhan COVID-19. Menurutnya, prestasi ini bukanlah hal yang main-main, sebab negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia masih melakukan pembatasan dan lockdown terbatas.

Apalagi, Sigit menyebut, Indonesia sudah bisa melaksanakan event Pekan Olahraga Nasional (PON) yang tentunya hal ini dapat dilihat negara lain. Setelah ini, akan ada event internasional lainnya yang diselenggarakan Indonesia seperti konfrensi G20 di Bali dan penyelenggaraan World Superbike Championship (WSBK) di Mandalika, NTB.

"Artinya di sisi negara lain melakukan lockdown, Indonesia sudah berani event baik sifatnya nasional maupun internasional. Ini berhasil berkat sinergitas, kerja keras antara seluruh stakeholders, antara pemerintah dan masyarakat dan ini harus dipertahankan," kata Sigit saat mengunjungi tempat Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, Kamis (14/10).

Satu sisi ia mengakui, dengan adanya penyelenggaraan event baik nasional maupun internasional, akan ada risiko transmisi penularan virus. Untuk itu, hal ini menjadi pekerjaan bersama agar angka COVID-19 di Indonesia tak kembali meningkat dengan tetap mematuhi prokes dan mempercepat vaksinasi.

"Kita berani melaksanakan event, masyarakat mulai berani melaksanakan kegiatan, Indonesia saat sudah dicabut travel warningnya kita bisa masuk ke beberapa negara termasuk dalam kegiatan baik umrah dan haji. Jadi ini memang menjadi PR kita ke depan bagaimana setelah kita buka ruang interaksi antar daerah, nasional, internasional kita bisa tetap menekan laju pertumbuhan COVID-19," kata eks Kabareskrim Polri ini.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS