Home Politik Golkar Buka Peluang Koalisi dengan Demokrat di Pilkada 2024

Golkar Buka Peluang Koalisi dengan Demokrat di Pilkada 2024

Karanganyar, Gatra.com –‎ Komunikasi politik mulai dijalin Partai Golkar dengan Demokrat menjelang Pilkada Kabupaten Karanganyar 2024. Keduanya saling membuka peluang keberlanjutan koalisi. 

Hal itu terungkap dalam pembicaraan para elite dua parpol tersebut saat menggelar silaturahmi di kantor DPC Partai Demokrat Karanganyar pada Senin sore (18/10). 

Ketua DPD Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadany, mengatakan, koalisi politik yang terjalin saat ini dengan Partai Demokrat masih berlangsung di periode 2018–‎2023. Pada Pilkada 2018, kemitraan keduanya berhasil memenangkan Juliyatmono-Rober Christanto.

Ia menyebut bahwa besar kemungkinan kemitraan diperkuat pada pemilu mendatang. Terlebih Demokrat yang pertama kali menyatakan dukungannya pada Juliyatmono pada Pilkada 2018. 

"Ini suatu komitmen yang luar biasa. Sejarah telah membuktikan sukses di 2018. Tidak menutup kemungkinan berlanjut di 2024," kata Ilyas kepada wartawan usai silaturahmi. 

Pertemuan ini merupakan kali pertama setelah pengurus Golkar Karanganyar yang dinakhkodai Ilyas terbentuk selama lima tahun mendatang. Ilyas mengaku bahwa Golkar dengan Demokrat memiliki banyak kesamaan langkah dalam membangun Karanganyar.

Menurutnya, kemitraan yang sudah terjalin di parlemen menunjukkan progres signifikan. Terutama menyusun kebijakan strategis. Dari garis vertikal dua partai ini pun, komunikasi terjalin mesra antara Ketum Golkar Airlangga Hartanto dengan Ketum Demokrat Agus Harimukti Yudhoyono (AHY). 

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Karanganyar, Tri Haryadi, menyambut hangat silaturahmi politik yang dilakukan olen Partai Golkar Karanganyar. Menurutnya, Golkar adalah partai yang besar yang mampu memperoleh 12 kursi legislatif pada Pileg yang lalu.

Partai Demokrat sudah berkomitmen untuk mengusung pasangan Juliatmono-Rober Christanto dalam Pilkada 2018 lalu. 

"Komunikasi ini salah satu bentuk komitmen kami selaku partai yang mengusung Pak Juliatmono sebagai bupati. Komitmen ini kita pegang teguh hingga selesainya masa tugas bupati," ujar Tri Haryadi.

Dengan kepemimpinan Ilyas di DPD II Partai Golkar Karanganyar membuktikan kader muda memiliki ruang dan jangkauan yang luas sebagai pemimpin, baik di daerah maupun secara nasional.

"Seiring sejalan dengan intruksi DPP Partai Demokrat maka kehadiran tokoh muda Ilyas Akbar Almadani merupakan peluang untuk Partai Demokrat mendukungnya," ujar dia.

Terkait Pilkada 2024 mendatang, partai Demokrat Karanganyar mendukung adanya calon pemimpin muda. Hal ini merupakan regenerasi politik yang patut direalisasikan.

1936