Home Ekonomi Usung Program Social Enterprise, Semen Gresik Raih Top CSV Award 2021

Usung Program Social Enterprise, Semen Gresik Raih Top CSV Award 2021

Rembang, Gatra.com - PT Semen Gresik (PTSG) meraih penghargaan bergengsi di bidang stakeholder engagement yaitu Top CSV Award 2021 yang diserahkan pada acara Webinar Nasional CSR to CSV dan Virtual Award Ceremony.

Mengusung program “Social Enterprise, Gerakan Pemberdayaan Masyarakat yang Berkesinambungan dan Bersifat Inklusif untuk Mendorong Terbangunnya Ekosistem Sosial Sehat, Ekonomi Meningkat & Desa Berdaulat”, Semen Gresik membukukan skor 4,94 dari skala 1-5 atau mendekati nilai sempurna. Penilaian mengacu pada tiga aspek meliputi CSV Concept Aspect, CSV Impact Aspect, dan CSV Branding Aspect.

Top CVS Award 2021 merupakan bentuk apresiasi dari TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID kepada perusahaan-perusahaan yang telah merancang dan berhasil menjalankan program CSV (Creating Shared Value) hingga menciptakan nilai ekonomi (economic value) dan sosial (social value) yang berkelanjutan.

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum sekaligus Sekretaris Perusahaan PTSG Gatot Mardiana menegaskan, penghargaan ini sebagai bukti nyata bahwa PTSG berhasil melibataktifkan stakeholder atau memacu peran partisipatif pemangku kepentingan, dalam aktivitas program bersama yang bersifat saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) sehingga tercipta nilai ekonomi dan sosial bagi masyarakat.

''Kami merasa bersyukur dan bangga atas apresiasi yang diberikan. Penghargaan ini memperkuat citra, reputasi dan tingkat kepercayaan perusahaan di mata publik, serta memotivasi kami untuk terus berkomitmen memberikan manfaat sosial bagi masyarakat,” ujar Gatot dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/10).

Penghargaan Top CSV Award yang diterima Semen Gresik untuk Program “Social Enterprise, Gerakan Pemberdayaan Masyarakat yang Berkesinambungan dan Bersifat Inklusif untuk Mendorong Terbangunnya Ekosistem Sosial Sehat, Ekonomi Meningkat & Desa Berdaulat”. (Dok. PT Semen Gresik)

Gatot menambahkan, salah satu program unggulan korporasi yang telah memberikan nilai sosial dan ekonomi yaitu pertanian terpadu (Edupark) di Desa Wisata Kajar serta program gerakan pemberdayaan masyarakat berkesinambungan melalui pembentukan perusahaan patungan antara PTSG dan enam BUMDes di dekat area perusahaan.

Lanjut dia, program CSR PTSG selama ini mendapatkan respons positif dari masyarakat. Hal itu diperkuat dengan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang mencapai 82,13% atau apresiasi memuaskan terhadap program-program CSR. Selain itu, berdasarkan pengkajian Universitas Gadjah Mada, membukukan hasil high approval (penerimaan yang tinggi) dalam analisis Keterlibatan Pemangku Kepentingan (stakeholder engagement) dengan skor social licence index (SLI) sebesar 3,94.

Gatot berharap, penghargaan Top CSV Award 2021 akan makin mendorong PTSG membuat desain program yang lebih baik, meningkatkan ekosistem ekonomi sosial yang sehat dan menghasilkan sustainable livelihood dalam memandirikan atau memberdayakan masyarakat.

''Dengan demikian, kami terus memperkokoh pagar-pagar mangkok karena menurut filosofi pagar mangkok lebih kuat daripada pagar tembok. Ini dianalogikan, kami selalu membangun sinergi dan saling peduli dalam memberdayakan masyarakat,'' tandasnya.

99