Home Nasional Bedah Buku Jokowi and the New Indonesia, Bawa Indonesia ke Era Baru

Bedah Buku Jokowi and the New Indonesia, Bawa Indonesia ke Era Baru

228

Jakarta, Gatra.com – Kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membawa Indonesia masuk pada era baru dengan membentuk fondasi pembangunan yang kuat. Fondasi ini diharapkan dapat menciptakan peluang baru untuk mewujudkan “New Indonesia” sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa.

Terpilihnya Indonesia sebagai Presiden G20 juga telah dimaknai Jokowi sebagai momentum pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar Recover Together, Recover, Stronger. Setelah dunia berangsur-angsur pulih dari pandemi Covid-19, fondasi itu akan menciptakan kesempatan bagi Indonesia untuk dapat berlari lebih cepat.

Demikian saripati diskusi bedah buku “Jokowi and the New Indonesia” yang ditulis oleh Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dan Tim Hannigan pada Jumat (5/10).

Darmawan menyebut, pada lima tahun pertama pemerintahannya, Jokowi mulai menetapkan standar dan cara baru untuk mengejar berbagai ketertinggalan dari negara lain, terutama infrastruktur.

"Pak Jokowi mengubah cara pandang pembangunan dari yang bersifat Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris. Juga dalam hal keadilan, mulai dari keadilan sosial di bidang energi, sumber daya alam, pendidikan, dan perlindungan sosial," katanya.

Ia juga bercerita bagaimana Jokowi melihat daerah dengan kekayaan alam yang luar biasa, tetapi masyarakatnya terjerat kemiskinan terstruktur. Melihat fakta itu, Jokowi berani mengambil keputusan untuk membuka akses pendidikan, jalan, pelabuhan, bandara, air bersih, dan energi.

"Ini betul-betul menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru. Contohnya PON yang baru saja berlangsung di Papua. Meskipun tidak memiliki fasilitas, saya melihat karakter tepo sliro dan dibangunlah daerah Papua sehingga PON XX sukses," ujarnya.

Selain itu, lanjut Darmawan, Jokowi juga fokus mengembangkan potensi di banyak sektor yang selama ini tenggelam menjadi aset tidur. Kebijakan tersebut bersumber dari karakter dan nilai-nilai yang membentuknya sejak hidup di bantaran sungai sampai menjadi pemimpin Indonesia.

Menurutnya, strategi membangun infrastruktur secara masif terbukti tepat. Ketika baru menjabat sebagai Wadirut PLN, Darmawan, menemukan fakta bahwa pertumbuhan listrik terbesar ada di Provinsi Lampung, tepatnya di sekitar pintu keluar tol yang baru saja diresmikan.

"Hal ini menjadi bukti bahwa tujuan pembangunan yang selalu ditekankan oleh Pak Jokowi membawa hasil. Infrastruktur yang dibangun menumbuhkan sentral ekonomi baru dan mengangkat ekonomi masyarakat," ucapnya.

Baginya, ini sesuai dengan visi Jokowi bagaimana Indonesia bisa bangkit. Bukan berdasarkan konsumsi, tetapi produktivitas.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS