Home Regional Petani Temukan Situs Makam Mini di Lereng Gunung Prau

Petani Temukan Situs Makam Mini di Lereng Gunung Prau

1555

Kendal, Gatra.com - Petani di lerang gunung Prau, tepatnya di Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah menemukan sebuah situs kuno berbentuk makam mini (kecil). Sebut saja Sutono (63 tahun), warga setempat yang menemukan bangunan menyerupai makam, namun berbentuk mini yang memiliki dua batu nisan berwarna keputihan. 

Penemuan yang diduga situs kuno ini ditemukan Sutono saat dirinya sedang mencangkul di sawah. "Itu saya temukan sudah seminggu yang lalu saat saya kerja di lahan bengkok milik Pak Kades Purwosari," ungkap Sutono, Sabtu (6/11).

Saat ia bekerja mencangkul, suara keras akibat benturan cangkulnya mengenai batu tersebut, sempat mengagetkannya. Awalnya ia mengira cangkulnya mengenai batu biasa saja. Namun, setelah kejadian kedua kalinya, ia jadi penasaran. 

Sutono yang penasaran akhirnya menggali batu itu. Setelah berhasil digali dan diangkat ternyata batu tersebut bentuknya mirip batu nisan. Ia pun melaporkan kejadian penemuan itu ke Kades Purwosari.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Purwosari Ribut Sudiyanto membenarkan tentang penemuan batu yang menjadi perbincangan hangat di kalangan warga dan diduga merupakan situs makam kuno. Ia juga membenarkan jika situs yang ditemukan Sutono tersebut berbentuk makam mini.

Penemuan yang diduga situs kuno itu setelah diukur memiliki panjang 50 cm lebar 25 cm dan tinggi nisan 30 cm.

"Batu nisannya berwarna putih dengan dikelilingi batuan yang menyerupai makam cuma ukurannya kecil," ungkapnya.

Dia mengaku belum bisa memastikan situs apa sebenarnya yang ditemukan petani itu. Hal ini disebabkan dengan bentuknya yang kecil namun mirip sebuah makam. Dikatakan, saat ini pihaknya sudah mengamankan area penemuan bangunan yang diduga situs bersejarah agar tidak dirusak atau diambil oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Area penemuan sudah kami beri pagar pembatas. Dan setiap hari dijaga. Kami masih menunggu arahan dari Pak Kades untuk melaporkan kepada pihak Kecamatan Sukorejo dan dinas terkait," ucapnya.
 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS