Home Apa Siapa Gibran Ikut Tour de Borobudur, Dipinjami Sepeda oleh Ganjar

Gibran Ikut Tour de Borobudur, Dipinjami Sepeda oleh Ganjar

1957

Solo, Gatra.com– Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengikuti ajang bersepeda tahunan Tour de Borobudur. Acara dimulai di Benteng Vastenburg Solo dan menuju ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

Dalam kesempatan ini, Gibran mengaku hanya mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan ini, sehingga taak mempunyai persiapan sama sekali.

”Saya enggak ada persiapan apa-apa. Hanya mendampingi Pak Ganjar. Sepeda saja saya enggak punya. Ini dipinjami Pak Ganjar,” kata Gibran yang disambut tawa Ganjar di sela kegiatan, Sabtu (6/11).

Ganjar sendiri mengaku deg-degan dengan rute Tour de Borobudur kali ini. Sebab jalur yang dilalui cukup panjang, yakni 115 kilometer. Rutenya pun menantang karena banyak tanjakan dan terjal.

”Saya deg-degan ini, sampai apa ndak ya. Sebab rutenya tiap tahun beda-beda. Kali ini berat sih tantangannya, tapi untuk cyclist pasti akan sangat senang, karena kita ke tempat yang indah sekali,” ucapnya.

Tour de Borobudur kali ini dimulai dari Benteng Vastenburg Solo. Peserta dilepas oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. Tour de Borobudur kali ini mengambil tema 'Saya Sudah Divaksin'. Setiap peserta telah menjalani tes antigen dan telah menerima vaksinasi Covid-19 lengkap.

Acara tahunan untuk mendukung sport tourism ini kali ini bekerjasama dengan Bank Jateng dan dibagi dalam dua seri. Seri pertama dilaksanakan dengan 150 peserta dan seri kedua dengan 100 peserta.

Ketua Panitia Bank Jateng Tour de Borobudur 2021, Hendra Dharmanto, menyebut rute bersepeda kali ini merupakan rute baru dan berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini Tour de Borobudur akan digelar sebanyak lima seri.

”Hari ini seri pertama dengan 150 peserta dan semua sudah divaksin. Selain tempat wisata, di setiap titik juga akan ada hiburan kesenian. Kita juga melibatkan desa-desa wisata,” ucap Hendra.

Seri kedua akan melibatkan para pesepeda Tanah Air. Peserta akan melalui rute di pedesaan dan pegunungan yang menyuguhkan pemandangan alam. Rute kedua akan dimulai dari Candi Borobudur menuju Nepal van Java di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

”Besok pagi langsung lanjut seri kedua dengan 100 peserta. Mereka akan adu cepat dari Borobudur menuju Nepal van Java. Sementara 3 seri sisanya akan digelar bulan ini,” katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS