Home Sumbagsel Gubernur Sumsel Tekankan Pentingnya Literasi Sejak Dini

Gubernur Sumsel Tekankan Pentingnya Literasi Sejak Dini

1069

Palembang, Gatra.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, meminta agar literasi kepada masyarakat dapat dilakukan mulai dari tingkat dasar. Menurutnya kemampuan memahami informasi saat membaca dapat memengaruhi kecerdasan. Selain itu, nantinya ilmu yang didapat dapat bermanfaat untuk menciptakan usaha dan berpotensi mengembangkan ekonomi daerah.

“Hanya saja, dalam [melakukan] literasi jangan sewenang-wenang. Kita harus pahami dulu kondisi masyarakat. Lakukan mulai dari tahap dasar sampai ke tinggat atas agar masyarakat benar-benar paham terhadap ilmu yang diberikan,” ujarnya saat membuka Festival Literasi Sumsel 2021 di Taman Bukit Siguntang Palembang, Selasa (6/11).

Menurutnya, literasi merupakan penyokong dalam mewujudkan Indonesia khususnya Sumsel agar ke depannya dapat lebih maju. Bahkan, dinilai menjadi salah satu hal yang penting untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Literasi merupakan kegiatan yang bermakna. Ini akan menjadi semangat kita dalam mewujudkan masyarakat Sumsel yang cerdas,” katanya.

Melalui Festival Literasi tersebut, lanjutnya, pemerintah provinsi setempat terus berupaya membangun kesadaran masyarakat terkait peningkatan pengetahuan dan wawasan. Tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Di sini kita berupaya membangun agar masyarakat memahami pentingnya literasi. Kalau masyarakat cerdas, maka kesejahteraan hidup akan semakin meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan RI, Syarif Bando, menuturkan ini sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui inovasi dan kreativitas. Harapannya, dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran.

Sumsel merupakan provinsi pertama di Indonesia yang menggelar Festival Literasi itu. Bahkan, festival tersebut dihadiri sejumlah kepala daerah dan dan jajaran pejabat pemerintahan karena memiliki ciri khas menampilkan produk lokal hasil pelaku usaha. Hal tersebut tentunya dapat menjadi cikal bakal kemampuan Indonesia untuk membuat barang dan jasa yang bermutu.

“Tentunya, kegiatan ini sangat saya apresiasi. Gagasan dari pak Gubernur Deru ini menjadi bukti keseriusan Sumsel untuk mencerdaskan masyarakat. Ini akan menjadi cikal bakal pelaku usaha lokal untuk memproduksi barang dan jasa menengah atas. Pada literasi tingkat tinggi kita bisa menghasilkan barang dan jasa yang bermutu dan bisa dipakai secara global,” ujarnya.

Upaya tersebut selaras dengan keinginan Presiden Joko Widodo agar lebih meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat menghasilkan barang bermutu dan mengurangi minus neraca perdagagan Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, mudah-mudahan ekspor barang-barang kita dapat meningkat. Saya juga meminta agar masyarakat memahami literasi ini. Tanpa kecerdasan, kita tak mungkin dapat bersaing secara global,” katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS