Home Ekonomi HIPMI Kepri Promosikan Produk UMKM di Dubai Ekspo 2020

HIPMI Kepri Promosikan Produk UMKM di Dubai Ekspo 2020

Batam, Gatra.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) konsiten mendukung pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor UMKM. Bahkan, HIPMI mendelegasikan sebanyak 50 anggotanya untuk mengikuti ajang promosi dunia, Dubai Expo 2020 di Qatar. 
 
Usaha pemerintah untuk mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bisa lebih mendunia dinilai sangat tepat, supaya pelaku UMKM terus diberdayakan demi meningkatkan perekonomian disamping pengembangan sektor penunjang lainnya. 
 
Ketua HIPMI Kepri Sari Dwi Mulyawaty menyatakan hal tersebut saat mengikuti ajang promosi tebesar itu pada 31 Oktober hingga 6 November 2021. Pihaknya juga tak lupa melakukan promosi produk UMKM dan sektor pariwisata Kepri di Pavilion indonesia yang ada di Dubai Expo 2020. Sebab, sektor UMKM tak lepas dari perkembangan sektor pariwisata. 
 
Wanita yang akrab disapa Sari ini berpendapat, untuk meningkatkan produksi dan kuwalitas produk UMKM perlu pembinaan yang berkesinambungan. Disamping membuka kembali kunjungan luar negeri ke Kepri, terutama Batam yang menjadi kota industri dan juga kota pariwisata. Hal itu, sejalan dengan medatangkan investasi yang akan masuk. 
 
"Harapan kedepan dengan adanya Dubai Ekspo 2020 ini, usaha mempromosikan poduk UMKM yang ada di Kepri agar bisa go Internasional, paling tidak masuk ke pasar Dubai. Untuk investasi yang akan masuk ke Kepri, para pengusaha lokal bisa mengambil peran dan menjadi bagian dari pembangunan di daerahnya sendiri," katanya, Minggu (7/11). 
 
Lebih lanjut, Sari menerangkan, dalam pembangunan harusnya masyarakat tempatan dapat menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri. Membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, dengan target tentunya untuk meningkatkan jumlah pengusaha muda yang ada di Kepri. 
 
Dalam kunjungan ke Dubai Ekspo 2020, HIPMI menyampaikan sejumlah gagasan kepada dua Menteri yang hadir yaitu Menteri Investasi dan Mentri Pedagangan untuk menjalankan konsep yang strategis. 
 
"Melihat bagaimana bergeliatnya kota Dubai dan Abu Dhabi di sektor pariwisata dengan banyaknya kunjungan wisman di negara tersebut, bisa diambil sebagai contoh yang sangat strategis. Dimana pariwisata terus berkembang dan produk UMKM tumbuh pesat, yang disertai dengan kemajuan investasi," ujarnya. 
 
Indonesia dalam hal ini khususnya Kepri, kata Sari, harus mampu bangkit kembali dari Pandemi Covid 19 dengan dukungan semua pihak agar berlahan membuka pintu Internasional sebagai salah satu daerah tujuan strategis bagi wisatawan mancanegara yang juga ingin berinvestasi. 
 
Sebelumnya, saat kunjungan bersama 50 anggotanya Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Mardani H. Maming mengatakan, sangat mengapresiasi serta mendukung langkah Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia memberdayakan UMKM Indonesia. 
 
Maming menekankan pentingnya kolaborasi antar kementerian/lembaga (K/L) hingga asosiasi terkait untuk mendukung UMKM go internasional dan terus mendorong anggotanya agar bisa masuk pasar global di tengah pandemi Covid-19. Sebab, melalui kolaborasi ini dinilai akan mempercepat proses pengambilan solusi. 
 
Ini merupakan satu langkah yang sangat baik, karena kita perlu membuat kegiatan komprehensif untuk mendukung UMKM agar bisa lebih berdaya saing dan siap untuk bersaing di pasar dunia, terlebih di tengah pandemi seperti ini. Kami sediakan wadah ekosistem yang baik agar pengusaha anggota Hipmi bisa naik kelas, dari berbisnis di dalam negeri berorientasi ekspor ke luar negeri, tuturnya.
99