Home Nasional ITW Desak Pemerintah Serius Wujudkan Keamanan Lalu Lintas

ITW Desak Pemerintah Serius Wujudkan Keamanan Lalu Lintas

68
Jakarta, Gatra.com - Indonesia Traffic Watch (ITW) mendesak Pemerintah lebih serius mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas). Selain itu, ITW mendorong pemerintah  melakukan evaluasi untuk mencari solusi yang konfrehensif, agar jalan raya tidak lagi menimbulkan peristiwa mengerikan.
 
"ITW menyesalkan opini yang terbangun bahwa seluruh penyebabnya adalah akibat kelalaian korban atau pengguna jalan sendiri, seakan pemerintah yang terkait dengan lalu lintas tidak memiliki tanggungjawab. Padahal, ada beberapa faktor pemicu utama terjadinya kecelakaan. Paling dominan adalah faktor manusia atau human error baik pengguna jalan maupun penyelenggara atau pihak yang bertanggungjawab mewujudkan Kamseltibcarlantas," ujar Ketua Presidium ITW Edison Siahaan dalam keterangannya, Minggu (7/11).
 
Faktor lainnya menurut Edison yang juga sangat mempengaruhi terjadinya kecelakaan adalah lingkungan atau kondisi jalan maupun kelengkapan rambu dan informasi. Serta masih rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas dan  penegakan hukum yang belum maksimal. 
 
Edison menyesalkan, di tengah duka akibat kecelakaan mobil di jawa timur yang menyedot perhatian, pemerintah lebih memperioritaskan kebijakan yang membebani masyarakat dan dianggap sebagai solusi. Misalnya kebijakan uji emisi gas buang sebagai upaya agar udara bebas polusi.
 
Pemerintah tidak punya kemampuan untuk meminta tanggungjawab sosial para produsen otomotif agar ikut  bertanggungjawab soal emisi gas buang. Sehingga biaya untuk uji emisi gas buang tidak lagi dibebankan kepada masyarakat pemilik kendaraan.  
 
"Faktanya, justru pemerintah menunjuk bengkel untuk melakukan uji emisi gas buang. Tentu semuanya memiliki konsekuensi laba rugi atas kerja sama yang dibangun," kata Edison.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS